Rabu, 21 November 2018 01:46

Bupati Sambari Minta Peserta KKN di Bawean Pelajari Kearifan Lokal

Senin, 12 Juni 2017 16:15 WIB
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Bupati Sambari Minta Peserta KKN di Bawean Pelajari Kearifan Lokal
Bupati Sambari bertukar cinderamata dengan dosen pembimbing KKN UGM Prof. Dr. Achmad Priyatmojo. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Sambari Halim Radianto menerima kunjungan 30 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat Universitas Gadjah Mada (UMG) Yogyakarta di ruang Putri Cempo kantor Pemkab Gresik, Senin (12/6/2017).

Mereka terdiri dari sejumlah fakultas, di antaranya Fakultas Kesehatan, Fakultas Farmasi dan Kedokteran Gigi, Fakultas Pertanian, Fakultas Sosial Umum, serta Fakultas Sains dan Teknologi.

Dalam kesempatan ini, para mahasiswa diberikan arahan dan pembekalan oleh Bupati Sambari terkait arah pembangunan daerah serta gambaran umum Kabupaten Gresik sebelum diterjunkan ke tempat pengabdian, yakni di Desa Pekalongan Kecamatan Tambak, Kepulauan Bawean, Gresik.

Dalam sambutannya, Bupati mengapresiasi pelaksanaan KKN yang selama ini memberikan manfaat bagi kedua belah pihak, baik mahasiswa atau perguruan tinggi, juga bagi pemerintah daerah dan masyarakat dalam pemecahan permasalahan yang ada.

Menurut ia, pelaksanaan KKN dengan waktu yang cukup lama tersebut diharapkan mampu memberikan banyak wawasan sekaligus inovasi baru terhadap mahasiswa yang mengabdikan dirinya untuk masyarakat, sehingga mampu tercipta ilmu pengetahuan yang memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa.

“Kami meminta semua peserta mengenal wilayah dan keadaan umum di sana. Utamanya memahami kultur dan kearifan budaya yang ada di kabupaten Gresik, khususnya di wilayah Kepualauan Bawean,” pintanya.

Bupati juga berpesan agar mahasiswa dapat mengedukasi masyarakat tentang semua potensi yang ada di Kepulauan Bawean.

Sementara Dosen Pembimbing Lapangan Prof. Dr. Achmad Priyatmojo menjelaskan, para mahasiswa akan menjalani KKS selama 2 bulan dimulai sejak tanggal 13 Juni 2017. 

Ia menyampaikan terima kasih kepada Bupati Gresik yang telah berkenan menerima dan memfasilitasi UGM dalam pelaksanaan KKN di wilayah Kabupaten Gresik. "Kegiatan ini merupakan kontribusi Perguruan Tinggi terhadap pembangunan daerah," jelasnya.

Untuk itu, ia berpesan kepada mahasiswa peserta KKN agar menekankan kerjasama tim, menunjukkan potensi dengan mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya yang ada (kearifan lokal), sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat di lokasi KKN agar sesuai dengan tema yang diusung, yakni "Pembangunan Basis Data Untuk Optimalisasi Sumber Daya Desa". (hud/rev)

Rabu, 14 November 2018 00:10 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SUASANA khusuk menyelimuti Jumat malam 9 November 2018 di lorong-lorong kampung, di ruas-ruas musholla, di beranda-beranda langgar, di ruang-ruang masjid, surau ataupun gardu desa. Rakyat membaca doa dengan selingan renungan tent...
Senin, 19 November 2018 11:17 WIB
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Waja’alnaa allayla waalnnahaara aayatayni famahawnaa aayata allayli waja’alnaa aayata alnnahaari mubshiratan litabtaghuu fadhlan min rabbikum walita’lamuu ‘adada alssiniina waalhisaaba...
Sabtu, 10 November 2018 10:00 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Selasa, 06 November 2018 22:28 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - Dua tahun terakhir Kabupaten Madiun mendapatkan penghargaan Anugerah Wisata Tingkat Provinsi Jawa Timur. Pertama anugerah wisata buatan terbaik provinsi diraih Taman Wisata Madiun Umbul Square tahun 2017, menyusul kemudian ...