Cegah Kemacetan di Simpang Tiga Mengkreng, Ini Langkah Polres Jombang

Cegah Kemacetan di Simpang Tiga Mengkreng, Ini Langkah Polres Jombang

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Kemacetan yang biasanya terjadi di simpang tiga Mengkreng saat arus mudik dan balik lebaran akan diantisipasi oleh kepolisian Resort Jombang. Berbagai langkah akan dilakukan petugas untuk mengurai kemacetan di simpang penghubung Kabupaten Jombang, Nganjuk dan Kediri tersebut.

Kapolres Jombang, AKBP Agung Marlianto mengatakan, pada saat mudik biasanya arus kendaraan akan semakin meningkat dari arah Surabaya menuju Kediri dan Nganjuk. Sehingga hal itulah yang mengakibatan jalanan menjadi macet. Termasuk di simpang tiga Mengkreng.

“Penyebab macet juga karena banyaknya penjual oleh-oleh di tepi kanan-kiri jalan 500 meter sebelum pos mengkreng. Dengan adanya itu (penjual oleh-oleh), membuat kendaraan banyak yang berhenti guna membeli oleh-oleh. Akhirnya terjadilah kemacetan,” kata Kapolres saat melakuan pengecekan jalur di simpang tiga Mengkreng, Rabu (7/6/2017).

Menurut Agung, untuk mengatasi kemacetan itu, pihaknya akan memasang barbel patah yang diberi tali. Di mana, barbel patah itu akan berfungsi untuk menghalau adanya kendaraan berhenti untuk menurunkan penumpang yang biasanya membeli oleh-oleh di sekitar simpang tiga Mengkreng.

Di samping itu, akan disiapkan kantong parkir di halaman Puskesmas dan kantor Desa Bandar Kedungmulyo. Sehingga kendaraan bisa ditempatkan di parkir yang disediakan tersebut. "Barbel patah juga sebagai pembatas jalur tengah yang membentang dari Mengkreng hingga jembatan Kayen. Fungsinya sebagai kanalisasi pembatas jalan. Harapannya, tidak ada pengendara yang mengambil jalan pengendara lain," terangnya.

“Pesan untuk masyarakat, tidak perlu resah untuk melintasi Jombang saat mudik maupun balik. Karena kita sudah siapkan jalur utama dan tol dari arah Surabaya menuju Nganjuk yang akan bebas dari macet. Kalau terjadi kemacetan di jalur utama, kami sudah menyiapkan jalur alternatif, yaitu jalan-jalan yang menuju arah Pare, Kediri maupun arah Nganjuk,” jelas Kapolres.

Untuk operasional cegah kemacetan di simpang tiga Mengkreng akan dimulai sejak 19 Juni mendatang. “Akan dimulai 19 Juni bersamaan dengan operasi Ramadaniyah. Insyaallah akan kita usahakan semaksimal mungkin,” pungkas AKBP Agung. (rom)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO