Soal Kaburnya Dua Napi Lapas Kelas IIB Tuban, Kalapas Akui Ada Kelalaian SOP

Soal Kaburnya Dua Napi Lapas Kelas IIB Tuban, Kalapas Akui Ada Kelalaian SOP Kalapas Tuban Danang Yudiawan saat memberikan keterangan terkait kaburnya 2 napi. foto: SUWANDI/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIB Tuban, Danang Yudiawan akhirnya membeberkan penyebab kaburnya dua narapidana yang terjadi pada Minggu (28/5) siang kemarin.

Ditemui awak media di ruang kerjanya, Senin (29/5) sore, Danang Yudiawan menyampaikan bahwa kaburnya napi atau Warga Binaan Permsayarakatan (WBP) karena adanya pelanggaran SOP (Standard Operating Procedure) yang dilakukan oleh petugas dapur berinisial HS.

Danang menceritakan, bermula saat HS membuka area steril di mana tidak ada seseorang pun yang bisa masuk kecuali petugas. Saat itu HS membuka pintu area steril itu guna membuang sampah bersama WBP bagian dapur.

"Nah, saat membuka pintu dan hendak membuang sampah, petugas dapur minta bantuan WBP dapur. Tapi setelah itu ditutup lagi. Tapi selang menit kemudian, area steril tersebut kembali dibuka oleh WBP lain dengan keperluan mengambil pakan ternak lele. Diduga saat mengambil pakan ternak itulah petugas dapur tidak tahu jika ada penyusup di area steril," terang Danang.

"Petugas baru tahu jika ada napi yang kabur karena ada laporan," sambungnya.

Dijelaskan Danang, 2 WBP itu kabur dengan cara melompat tembok sebelah selatan area steril. Selanjutnya para napi lewat jalur selatan melalui blok wanita dan terakhir melompat tembok di pos penjagaan 4.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO