Wisata Puncak Bintang di Gunung Klotok Kediri segera Dibuka

Wisata Puncak Bintang di Gunung Klotok Kediri segera Dibuka Puncak bintang yang berada di Gunung Klotok, rencananya akan dibuka untuk umum sebelum lebaran 2017. foto: ARIF K/ BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Satu lagi bertambah tempat wisata di Kota Kediri. Kali ini, obyek wisata berada di Gunung Klotok, Kota Kediri yang masuk Kawasan Pemangku Hutan (KPH) Perhutani Kediri. Obyek wisata ini merupakan sinergi antara Perhutani bekerjasama dengan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) serta Pemerintah Kota Kediri.

Lokasi puncak bintang berada di sisi selatan Gunung Klotok sepanjang jalan jalan Lebak Tumpang, Kota Kediri. Wisata Puncak Bintang dibangun untuk mempermudah wisatawan dalam melihat keindahan Kota Kediri hingga menikmati sunrise atau matahari terbit. Untuk mencapai ke lokasi, wisatawan hanya perlu berjalan setapak sejauh 200 meter. Lokasi Wisata Puncak Bintang di Gunung Klotok Kota Kediri.

Kepala KPH Perhutani Kediri, Maman Rosmantika mengatakan, pembangunan wisata di wilayah KPH Perhutani Kediri dilakukan untuk menghidupkan potensi alam yang ada di dalam hutan sebagai tempat wisata.

“Selain mengandalkan kayu dan getah karet, kita (Perhutani-red) mulai sedikit demi sedikit mengelola potensi hutan sebagai tempat wisata. Salah satunya kalau di Kota Kediri yakni Gunung Klotok-nya,” ujarnya, Selasa (21/3).

Dia menambahkan, selain Wisata Puncak Bintang, ada dua titik lokasi lagi di Gunung Klotok yang bakal dipercantik sebagai tempat wisata. Yakni Wisata Air Sumber Tretes dan Situs peninggalan kerajaan abad ke 10 yang berada di atas Goa Selomangkleng.

“Saat ini kita masih proses pengajuan izin Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) di Pemerintah Kota Kediri. Targetnya sebelum lebaran ini kita launching. Selain itu, kita juga masih menunggu izin dari Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) di Trowulan, Mojokerto terkait wisata situsnya. Nantinya pengembangan wisata ini akan bekerjasama dengan pemerintah setempat,” pungkasnya. (rif/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO