Penemuan Dua Gua di Desa Klumpit Kecamatan Soko, Bakal Dijadikan Wisata

Penemuan Dua Gua di Desa Klumpit Kecamatan Soko, Bakal Dijadikan Wisata Tim saat berangkat menelusuri gua yang ada di Desa Klumpit. foto: AHMAD/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Desa Klumpit, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban bakal memiliki wisata baru. Wisata tersebut berupa 2 gua yang baru ditemukan oleh Pemerintan Desa dan Pemerintah Kecamatan yang bekerjsama dengan Pecinta Alam Mahipal Unirow Tuban.

Sebenarnya ada 6 buah gua yang ditemukan, yakni gua Nongko, gua Gancar, gua Baru, gua Jubel, gua Ngaron, dan gua Banyu. Namun, yang dinyatakan berpotensi menjadi obyek wisata hanya ada 2, yaitu gua Baru dan gua Nongko. Letak lokasi ke-6 gua tersebut tidak jauh dari satu lokasi dengan lokasi lain.

Kepala Desa Klumpit, Syakur Rahman, kepada BANGSAONLINE.com mengatakan, untuk membuka gua tersebut, pihaknya bekerja sama dengan mahasiswa Mahipal Unirow Tuban. Ia mengungkapkan, pihak desa dan Mahipal membentuk tim yang bertugas menulusuri gua.

(Tim saat bersiap ekspedisi menelusuri gua)

"Kita tidak hanya melihat guanya, namun akses juga kami pikirkan," ujar Syakur usai mengecek lokasi bersama pihak kecamatan.

Sementara itu Camat Kecamatan Soko, Suwito, menyambut baik pengembangan wisata di desa Klumpit. Ia berharap, 2 gua tersebut nantinya bisa menjadi ikon di Desa Klumpit sekaligus mendongrak Pendapatan Asli Desa (PADes) dengan cara pengelolan melalui BUMDes.

"Kita siap mendampingi jikalau 2 gua tersebut akan dijadikan khasanah aset wisata daerah Tuban," tandasnya. (ahm/wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO