Ada Apotek di Madiun yang Menjual Obat di atas HET

Ada Apotek di Madiun yang Menjual Obat di atas HET Elen menunjukkan obat yang dibelinya yang diduga dijual melebihi HET.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Konsumen atau pembeli obat nampaknya harus jeli saat membeli obat. Sebab, sejumlah apotek di diketahui menjual obat melebihi HET (Harga Eceran Tertinggi). Dan hal ini juga diketahui sudah berlangsung lama, namun belum ada tindakan dan terkesan ada pembiaran dari Dinas Kesehatan .

Berdasarkan pengakuan Elen (34 tahun), salah satu warga, ia pernah mengalami hal tersebut saat menebus resep untuk anaknya yang sakit di salah satu apotek yang berada di Jalan Sulawesi, Madiun. Saat itu dia membeli dua jenis obat, yakni CAL-95 2 strip dan Rhelafen satu botol.

Dia merincikan, untuk CAL-95, di HET tertera Rp 11.826, sedangkan Rhelafen tertera HET-nya Rp 22.688 per botol. Namun dia harus membayar sebesar Rp 101.500. Padahal jika dihitung sesuai HET, seharusnya Elen cukup hanya membayar Rp 88.000.

Bahkan saat dia meminta harga per obat dicantumkan pada nota pembelian, pegawai terkesan ogah memberikan.

"Pegawainya tidak mau memberikan nota pembelian," tutur Elen pada BANGSAONLINE

Terkait hal ini, Kepala Dinas Kesehatan dr. Agung Sulistya Wardani yang dikonfirmasi BANGSAONLINE.com berjanji akan menindak apotek yang kedapatan menjual obat melebihi HET. 

“Masyarakat harus melapor pada Dinas Kesehatan jika ada apotek yang mejual obatnya di atas harga HET dan akan kita tindak” janji Wardani pada BANGSAONLINE.com. (nal/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO