Minggu, 24 Januari 2021 09:24

Gandeng SER NU, BPBD Gresik Gencar Sosialisasikan Tanggap Bencana

Sabtu, 25 Februari 2017 10:27 WIB
Editor: nur syaifudin
Wartawan: syuhud almanfaluty
Gandeng SER NU, BPBD Gresik Gencar Sosialisasikan Tanggap Bencana
BPBD Pemkab Gresik ketika sosialisasi tanggap bencana kepada SER NU. foto: syuhud/ bangsaonline

GRESIK,BANGSAONLINE.com – BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Pemkab Gresik kian intens mensosialisasikan tanggap bencana kepada masyarakat. Langkah ini dilakukan sebab Kabupaten Gresik merupakan salah satu wilayah yang dikategorikan masuk dalam daerah rawan bencana.

Setelah BPBD membentuk puluhan desa tangguh, khususnya desa-desa di wilayah rawan bencana, BPBD yang dimpin Abu Hasan ini menyasar kalangan anak muda untuk ikut andil dalam pencegahan dan penanganan bencana. Kali ini BPBD menggandeng Social Emergency Response Nahdlatul Ulama (SER NU) Kabupaten Gresik. Sebanyak 80 kader Nahdlatul Ulama (NU) yang tergabung dalam SER NU Kabupaten Gresik mulai 24-26 Februari 2017 digembleng BPBD dalam Pendidikan & Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana di Bumi Perkemahan (Bumper) Sunan Kalijaga, Sidayu Kecamatan Sidayu.

Kepala Pelaksana BPBD Pemkab Gresik Abu Hasan saat membuka kegiatan tersebut mengaku senang ada komponen masyarakat khususnya kalangan anak muda turut peduli dan andil dalam penanganan bencana daerah.

"Kami bersyukur dan berterima kasih karena terus bermunculan kelompok masyarakat yang peduli terhadap penanganan bencana, sehingga kedepannya akan banyak masyarakat yang siap menghadapi bencana,” kata dia.

Menurut dia, Kabupaten Gresik termasuk dalam 4 kabupaten yang diundang pemerintah pusat untuk sharing pengalaman dalam penanganan bencana. Dan, Kabupaten Gresik pada Tahun 2015 terpilih sebagai kabupaten yang tanggap terhadap penanggulangan bencana.

"Ini karena kesiap-seiagaan pemerintah dan masyarakatnya dalam menghadapi bencana," jelasnya.

Dia berharap ke depannya akan terus bermunculan komponen-komponen masyarakat lain yang peduli terhadap persoalan dan penanganan bencana di Kabupaten Gresik. " Mudah-mudahan ada SER NU-SER NU lain dalam membantu pemerintah untuk penanganan bencana,"pungkasnya.

Sementara Ketua Panitia pendidikan SER NU, Muhammad Chubab menyatakan sosialisasi tersebut merupakan kegiatan kali kedua digelar setelah bulan Desember 2016, lalu. Tujuannya, untuk memberikan wawasan pengetahuan menggenai standar penanggulangan bencana kepada para kader NU.

"Sehingga, mereka ketika menghadapi bencana langsung bisa menanganinya," kata Muhammad Chubab.

Ditambahkan dia ada beberapa materi dasar yang diberikan kepada para peserta. Di antaranya, manajemen dapur umum, kekompakan tim anggota, manajemen posko bencana dan teknik evakuasi korban. Kegiatan tersebut salain dihadiri Kepala Pelaksana BPBD Gresik, juga hadir Rois Syuriah PCNU Kabupaten Gresik periode 2016-2021 KH. Mahfudz Ma’sum.

Kiai Mahfudz dalam sambutannya mengaku senang dan bangga terhadap teman-teman yang mau meluangkan waktu untuk membantu masyarakat. “ Salah satu tugas manusia sebagai hamba Allah adalah saling tolong menolong,"kata dia.

"Siapapun orang yang bisa memberi pertolongan orang yang kesusahan maka kelak, orang itu akan ditolong Allah di akhirat. Semoga kita termasuk orang-orang yang ditolong baik di dunia maupun di akhirat,” pungkas dia. (hud/ns)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...