Gandeng SER NU, BPBD Gresik Gencar Sosialisasikan Tanggap Bencana

Gandeng SER NU, BPBD Gresik Gencar Sosialisasikan Tanggap Bencana BPBD Pemkab Gresik ketika sosialisasi tanggap bencana kepada SER NU. foto: syuhud/ bangsaonline

GRESIK,BANGSAONLINE.com – BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Pemkab Gresik kian intens mensosialisasikan tanggap bencana kepada masyarakat. Langkah ini dilakukan sebab Kabupaten Gresik merupakan salah satu wilayah yang dikategorikan masuk dalam daerah rawan bencana.

Setelah BPBD membentuk puluhan desa tangguh, khususnya desa-desa di wilayah rawan bencana, BPBD yang dimpin Abu Hasan ini menyasar kalangan anak muda untuk ikut andil dalam pencegahan dan penanganan bencana. Kali ini BPBD menggandeng Social Emergency Response Nahdlatul Ulama (SER NU) Kabupaten Gresik. Sebanyak 80 kader Nahdlatul Ulama (NU) yang tergabung dalam SER NU Kabupaten Gresik mulai 24-26 Februari 2017 digembleng BPBD dalam Pendidikan & Pelatihan Kesiapsiagaan Bencana di Bumi Perkemahan (Bumper) Sunan Kalijaga, Sidayu Kecamatan Sidayu.

Kepala Pelaksana BPBD Pemkab Gresik Abu Hasan saat membuka kegiatan tersebut mengaku senang ada komponen masyarakat khususnya kalangan anak muda turut peduli dan andil dalam penanganan bencana daerah.

"Kami bersyukur dan berterima kasih karena terus bermunculan kelompok masyarakat yang peduli terhadap penanganan bencana, sehingga kedepannya akan banyak masyarakat yang siap menghadapi bencana,” kata dia.

Menurut dia, Kabupaten Gresik termasuk dalam 4 kabupaten yang diundang pemerintah pusat untuk sharing pengalaman dalam penanganan bencana. Dan, Kabupaten Gresik pada Tahun 2015 terpilih sebagai kabupaten yang tanggap terhadap penanggulangan bencana.

"Ini karena kesiap-seiagaan pemerintah dan masyarakatnya dalam menghadapi bencana," jelasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO