Dampak Cyclon Tropis, Badai Kerap 'Mampir' ke Pacitan

Dampak Cyclon Tropis, Badai Kerap

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Terpaan angin kencang menyerupai puting beliung, belakangan kerap kali melanda sejumlah wilayah di . Seperti yang terjadi Selasa (27/12) pagi, tiupan angin kencang dan berputar melanda wilayah perkotaan. Khususnya di Desa Bangunsari, Kecamatan/Kabupaten , tiupan angin memutar terlihat sangat kencang menerpa pepohonan.

Ketua Pelaksana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten , Tri Mujiharto mengatakan, munculnya angin menyerupai puting beliung, ditengarai sebagai dampak adanya cyclon tropis yang berembus di Australia. Selain ‎muncul angin besar, juga terjadi anomali cuaca dibeberapa negara Asia, termasuk Indonesia.

"Memang belakangan ini sering muncul angin besar menyerupai puting beliung. Khususnya di wilayah perkotaan," kata Tri, Selasa (27/12/2016).

Menurut Tri, pihaknya tidak bisa memprediksi di titik mana angin menyerupai puting beliung tersebut akan muncul. Namun yang pasti, hampir di semua daerah di kerap kali mendapat terpaan angin semacam itu.

"Titik-titik mana yang akan dilalui angin kencang, memang tidak bisa kami prediksi. Sebab belakangan, hampir semua wilayah kerap kali dilalui hembusan angin kencang yang berembus dari Australia tersebut," terangnya.

Karena itu, BPBD mengimbau agar masyarakat tetap waspada. Terlebih saat turun hujan. Sebab hampir bisa dipastikan saat hujan turun, terpaan angin akan semakin kencang. "Lebih baik tidak keluar rumah, saat hujan turun disertai tiupan angin kencang," pesannya. (yun)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO