Ombak Besar, KM Express Bahari Tujuan Pulau Bawean Batal Berlayar

Ombak Besar, KM Express Bahari Tujuan Pulau Bawean Batal Berlayar Para penumpang kapal saat turun dari kapal. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ratusan penumpang Kapal Express Bahari dengan tujuan Pulau yang berangkat dari Pelabuhan terpaksa balik kucing akibat gelombang tinggi yang melanda Laut Jawa, Senin (19/12).

Para penumpang akhirnya turun kembali dari kapal dan balik ke tempat tinggal maupun penginapan masing-masing.

Hal ini dibenarkan Kepala Seksi Kepelabuhanan Adpel , Nanang Afandi. Kata dia, tinggi gelombang di Laut Jawa terpantau mencapai 2 hingga 3 meter. “Memang ada larangan bila gelombang mencapai 3 meter, kapal penumpang dilarang berlayar, baik dari Pulau maupun sebaliknya,” katanya.

Namun pelarangan itu tidak berlaku bagi semua jenis kapal. Untuk kapal barang tetap diperbolehkan meski gelombang mencapai 3 meter. Sebab bahan kapal terbuat dari besi bukan fiber. "Sehingga dinyatakan aman walaupun terjadi gelombang tinggi," jelas dia.

Untuk itu, lanjut Nanang pihaknya meminta kepada kapal penumpang untuk tetap waspada terhadap gelombang tinggi, yang terjadi sewaktu-waktu di Laut Jawa.

Kapal Express Bahari Senin (19/12) sempat berangkat dari Pelabuhan sekitar 1 jam perjalanan. Namun, kapten kapal memutuskan kembali ke karena gelombang laut cukup tinggi hingga mencapai sekitar 3 meter.

Muntarifi, salah satu anggota DPRD asal pulau yang merupakan salah satu penumpang kapal mengakui jika ombak di laut Jawa cukup tinggi. "Iya ombak besar. Kapal penumpang dilarang berlayar," katanya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO