Ribuan Santri Ikuti Apel Hari Santri Nasional di Alun-Alun Jombang

Ribuan Santri Ikuti Apel Hari Santri Nasional di Alun-Alun Jombang Para santri santri saat mengikuti apel HSN di Alon-Alon Kabupaten Jombang. foto: RONY SUHARTOMO/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Ribuan santri dari ratusan Pondok Pesantren (Ponpes) di Kabupaten Jombang mengikuti apel peringatan (HSN) di Alun-Alun kota setempat, Sabtu (22/10) pagi. Para santri ini berbaris mengenakan sarung sesuai kebiasaan sehari-hari di pondok. Sementara santri putri berbusana muslimah.

Sekitar 16.000 santri baim Putra maupun Putri ikut dalam kegiatan upacara HSN tersebut.

Selain para santri, pembina apel, Bupati Jombang, Nyono Suharli Wihandoko juga mengenakan sarung. Para tamu pejabat pemerintah juga mengenakan sarung layaknya para santri.

Kegiatan ini dibawah tanggungjawab PCNU (Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama) Kabupaten Jombang.

"Tujuan diadakan kegiatan memperingati ini sebagai momentum bangkitnya kalangan santri serta menanamkan jiwa santri yang berhaluan Islam ala Ahlissunnah wal Jamaah Annahdliyah yang berpedoman pada Pancasila dan UUD 1945," kata Muslimin Abdillah, Ketua Pelaksana HSN Kabupaten Jombang.

Usai apel, para santri akan mengikuti kirab dengan rute Alon-alon Jombang - Jl.Diponegoro - Jl.KH.Wahid Hasyim - Jl.Gus Dur Jombang - Stadion Jombang (Finish). (rom/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO