Sambari Ajak Kepala SKPD Kunjungi JIIPE

Sambari Ajak Kepala SKPD Kunjungi JIIPE Bupati Sambari HR bersama para kepala SKPD saat melihat maket JIIPE. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik Sambari Halim Radianto mengajak semua Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup untuk mengunjungi Java Integrated Industrial Ports and Estate (), di Kecamatan Manyar, Senin (17/10).

Awalnya, rombongan pejabat yang dipimpin Sambari menyusuri seluruh ruas jalan pelabuhan sepanjang kurang lebih 11 km menuju dermaga. Pulau kecil buatan yang dipakai sebagai dermaga ini luasnya 80 hektar. Tempat ini tampak sudah siap dengan berbagai lahan kosong di kanan kirinya.

Di sana sudah ada jembatan timbang serta bangunan semi permanen yang ditempati beberapa orang dari PT Berlian Manyar Sejahtera sebagai operator pengelola pelabuhan. Selain itu, sarana prasarana lain berupa mobile crane, hooper dan grabe tampak juga sudah tersedia.

“Sejak keluarnya izin dari Kementerian Perhubungan, sampai saat ini sudah ada 17 kapal besar baik kapal antar pulau maupun antar negara yang sudah berlabuh di dermaga ini,” ungkap Sambari didampingi kabag Humas , Suyono.

Selanjutnya Sambari membawa rombongan ke kantor yang berjarak sekitar 4 kilometer dari dermaga.

Di sini rombongan disambut pihak manajemen , Wahyu Widodo. Rombongan Pejabat pemkab Gresik ini kemudian diajak melihat maket Pelabuhan seluas sekitar 3 ribu hektar tersebut. “Kami menyiapkan areal industri seluas 1.760 hektar di areal ini,” kata Wahyu sambil menunjuk pada lahan di tengah maket.

Wahyu juga menjelaskan bahwa pihaknya tengah membangun 7 telaga buatan dengan luas total 42 hektar. “Telaga buatan ini kami peruntukkan untuk keseimbangan lingkungan selain sebagai lahan untuk tangkapan air. Telaga yang di sebelah ini yang terkecil hanya 2,4 hektar," jelasnya.

Ia menambahkan, bahwa pada tahun 2017 nanti akan ada penambahan alat kepelabuhan. “Kami pastikan ada tiga unit alat bongkar muat yang akan melengkapi ini. Selain itu, kami akan membangun railway double track, membangun jalan seluas 3,5 km yang akan tersambung dengan tol langsung menuju pelabuhan," pungkasnya. (hud/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO