Sepekan Pascalongsor, Akses JLS Masih Lumpuh Total

Sepekan Pascalongsor, Akses JLS Masih Lumpuh Total

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Sepekan pascabencana longsor yang menutup akses Jalan Lintas Selatan (JLS), di Desa Sidomulyo, Kecamatan Kebonagung, hingga kini, arus lalu-lintas masih lumpuh total. Material tanah longsor masih menutup jalur yang menghubungkan Pacitan - Trenggalek. Material longsor berupa tanah, batu kapur dan pohon, masih terus dibersihkan.

Proses evakuasi ini menggunakan sejumlah alat berat. Diantaranya, satu unit eskavator, satu unit wheel loader, dan lima unit dump truk.

"Hari ini kita tambah lagi tiga unit dump truk yang berada di lokasi titik longsor. Untuk membersihkan matrial longsoran yang menutup total jalan, kami terkendala kondisi cuaca yang tidak menentu. Hujan deras beberapa kali turun dan mengakibatkan adanya longsor susulan. Dari hari Rabu kemarin sudah tiga kali terjadi longsor juga ada tiga titik sumber air yang berada di sebelah kanan jalan yang mengakibatkan kondisi licin sehingga menjadi kendala dalam pembersihan lokasi longsor," ungkap pejabat pembuat komitmen JLS dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) V di Pacitan, ketika di temui di ruang kerjanya, Jumat (23/9).

Kondisi jalur JLS sampai hari Kamis siang kemarin, beberapa matrial longsoran berhasil dibuang. Untuk bagian tengah dan bahu jalan sebelah kiri jalan (dari arah Pacitan) sudah berhasil dibersihkan dengan harapan bisa di lewati roda dua. Sesuai perkiraan, JLS ruas Pacitan-Hadiwarno itu bisa dilalui kendaraan bermotor kembali maksimal hari minggu mendatang.

“Dengan catatan tidak hujan deras karena jika kondisi hujan takutnya kembali longsor,” terang Agus.

Setelah pembersihan matrial berhasil dilakukan, pihak BPJN akan membuat bronjong di bagian bawah tebing dan di kanan juga kiri jalan akan di cor. Dengan dibangunnya bronjong tersebut, diharapkan mampu menahan material longsor yang jatuh dari tebing masuk ke badan jalan nasional.

"Kita berharap semoga pekerjaan ini segera tutas agar jalur JLS bisa di lewati kembali dan kita berharap cuaca mendukung dalam evakuasi ini," pungkasnya. (tio/yun/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO