Indonesia Kerja Nyata ala Kecamatan Bancar untuk Peringati HUT Kemerdekaan RI ke-71

Indonesia Kerja Nyata ala Kecamatan Bancar untuk Peringati HUT Kemerdekaan RI ke-71 Salah satu gapura bambu yang ada di Desa Bulu Jowo, Kecamatan Bancar. foto: SUWANDI/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia identik dengan menghias dan memasang pernak-pernik merah putih demi menggelorakan kembali perjuangan para pahlawan. Tak terkecuali di Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban.

Di momen 17-an ini, selain menggelar berbagai kegiatan, warga Bancar juga kompak menghias gapura masing-masing agar terlihat meriah. Berbagai ornamen seperti bendera maupun umbul-umbul merah putih tampak menghiasi setiap gapura dan sudut-sudut di Bancar.

Ketika ditemui BANGSAONLINE.com, Senin(22/8), Camat Bancar, Murtadji menjelaskan, seluruh desa mulai dari tingkat Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW) dan Kepala Desa se-Kecamatan Bancar diberi tugas mendesain gapura di setiap pintu masuk gang. Selain menghias gapura, setiap RT juga diarahkan menggelar tumpengan pada malam tirakatan, Jumat (16/8) lalu. 

"Karena acara selamatan itu masih kental di Bancar, jadi seluruh RT se-Kecamtana Bancar kami minta menggelar tirakatan secera serentak," ujar Camat kelahiran Kecamatan Palang itu.

"Masyarakat juga disarankan untuk mengecat trotoar yang ada di depan rumahnya, dengan warna putih hitam," imbuhnya.

Ditambahkan Murtadji, kegiatan ini yang ada di Bancar juga merujuk pada tema nasional HUT peringatan Kemerdekaan kali ini, yakni Indonesia Kerja Nyata. "Alhamdulillah ternyata semagat kerja RT/ RW begitu terbangun. Buktinya mereka mampu membangun gapura dan menggelar tasyakuran di malam tirakatan," pungkasnya. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO