Pemkot Blitar Khususkan Seragam Gratis untuk Siswa Kota, Wali Murid Anggap Diskriminatif

Pemkot Blitar Khususkan Seragam Gratis untuk Siswa Kota, Wali Murid Anggap Diskriminatif Salah seorang siswi SMP menerima seragam gratis dari Pemkot Blitar.

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 5344 siswa baru di kota Blitar dari tingkat SD hingga SMA mendapat bantuan seragam gratis. Pembagian seragam gratis tersebut dimulai hari ini (1/8) di balai kota Kusuma Wicitra kota Blitar, dan akan berakhir pada sabtu (6/7) nanti.

Wali Kota Blitar Samanhudi Anwar mengatakan, pembagian satu paket seragam sekolah tersebut merupakan bagian dari program APBD pro rakyat jilid kedua. Sehingga seragam gratis hanya dikhususkan untuk siswa yang merupakan warga kota Blitar saja. Sedangkan untuk siswa luar kota pihaknya mengaku masih akan mengupayakan pemberian seragam gratis melalui Perubahan Anggaran Keuangan (PAK). Karena selain seragam gratis, ke depannya Pemerintah Kota Blitar juga akan memberikan sepeda gratis untuk siswa.

"Tidak ada toleransi untuk warga luar kota yang bersekolah di kota Blitar, karena nanti jika semua diberi jelas melanggar aturan," terang Samanhudi Anwar.

Ia tidak menampik jika sejauh ini, khususnya untuk siswa tingkat SMA hampir setengahnya memang siswa dari luar kota Blitar. Namun karena terbentur peraturan pihaknya belum berani memberikan fasilitas warga luar kota Blitar seperti fasilitas yang didapat warga kota Blitar.

"Ya sejauh ini masih kita upayakan agar mereka juga bisa menikmati fasilitas dari Pemkot," ujarnya.

Sementara salah satu wali murid asal Kabupaten Blitar yang enggan disebutkan namanya menggaku jika ia menerima semua keputusan wali kota Blitar. Termasuk terkait dengan pemberian fasilitas. Namun ia menekankan agar pihak sekolah tidak mendiskriminasikan antara siswa kota dan siswa luar kota saat berada di sekolah, agar tidak mempengaruhi psikologis anak.

"Ya apa yang jadi keputusan wali kota kita sepakat saja, asalkan tidak ada diskriminasi dari manapun antara siswa kota dan luar kota," tegasnya. (tri/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO