KH Hasyim Muzadi: Dunia Islam Pecah Akibat Syiah-Wahabi, Aswaja Bukan untuk Nyerang

KH Hasyim Muzadi: Dunia Islam Pecah Akibat Syiah-Wahabi, Aswaja Bukan untuk Nyerang KHA Hasyim Muzadi bersama para mufti, ulama dan intelektual muslim dari berbagai negara negara dalam Konferensi Internasional yang digelar Jam'iyyah Ahlit Thariqah Al Mu'tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) bekerjasama dengan International Conference of Islamic Scholars (ICIS) di Pekalongan, Jateng 27-28 Juli 2016. foto: dok. bangsaonline.com

PEKALONGAN, BANGSAONLINE.com - KH Ahmad Hasyim Muzadi, pengasuh Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Hikam Malang Jawa Timur dan Depok Jawa Barat, menegaskan bahwa dunia Islam sekarang terbelah menjadi dua kekuatan. Yaitu kekuatan Syiah yang dipimpin oleh Iran dan kekuatan Wahabiyah Salafiyah yang dipimpin oleh Arab Saudi. Mereka saling berebut pengaruh sehingga menimbulkan konflik bahkan perang di luar areal kedua negara tersebut.

”Posisi Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja) di dunia yang sesungguhnya mayoritas dalam jumlah berubah menjadi ajang perebutan pengaruh baik ideologi, politik, maupun financial,” kata Kiai Hasyim Muzadi dalam Konferensi Internasional yang digelar Jam'iyyah Ahlit Thariqah Al Mu'tabarah An Nahdliyyah (JATMAN) bekerjasama dengan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia dan International Conference of Islamic Scholars (ICIS) di Pekalongan, Jateng 27-28 Juli 2016. Konferensi Internasional yang dihadiri para ulama, mufti dan intelektual muslim dari 40 negara ini bertema Bela Negara, Konsep dan Urgensinya dalam Islam.

Menurut Kiai Hasyim, Aswaja seakan menjadi ring pertikaian dari permusuhan Syiah dan Wahabi. Padahal Aswaja adalah konsep agama yang secara ilmiah dan amaliyah melalui jalur wasatiyah dan tidak menyiapkan diri untuk menyerang siapapun yang mempunyai manhaj lain.

“Sehingga ketika terjadi himpitan-himpitan dari kekuatan agresif ini kaum suni jadi kedodoran,” tegas Sekjen International Conference of Islamic Scholars (ICIS) dan mantan ketua umum PBNU itu.

Pertarungan dari dua kubu besar tersebut – menurut Kiai Hasyim Muzadi - dalam kenyataan prosesnya selalu dimanfaatkan oleh kepentingan global yang mengambil keuntungan dalam mengaduk-aduk kondisi umat Islam. Sehingga terjadilah pertikaian bahkan peperangan.

”Pertikaian yang asalnya firqoh diniyah berkembang menjadi pertikaian politik dan ekonomi global yang semakin sulit diselesaikan,” kata anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) itu.

Kenyataan ini – tegas dia - sangat memprihatinkan. Ia mensinyalir bawha konflik adu domba ini bisa jadi masuk ke Indonesia akibat dua faktor besar.

Lihat juga video 'Prof KH Imam Ghazali: Ajaran Wahabi Sudah Tak Relevan, Raja Saudi Tertarik Islam Moderat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO