Percantik Kota, PU Cipta Karya Lamongan Alokasikan Rp 2,4 Miliar untuk PJU dan Lampu Hias

Percantik Kota, PU Cipta Karya Lamongan Alokasikan Rp 2,4 Miliar untuk PJU dan Lampu Hias PU Cipta Karya bangun PJU baru

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Guna mempercantik dan memperindah Kota Lamongan, Pemerintah Kabupaten setempat melalui Dinas PU Cipta Karya menambah lampu penerangan jalan umum (PJU). Selain itu, agar lokasi yang selama ini gelap jadi terang.

“Demi keindahan, kenyamanan serta keselamatan pengguna jalan. Di samping itu penerangan jalan bisa semakin merata dengan ditambahnya PJU,” ujar Kepala Dinas PU Cipta Karya, Moh Wahyudi melalui stafnya di Bagian Kebersihan dan Pertamanan, Selasa (26/7).

Disebutkan dia, proyek penambahan penerangan ini menggunakan beragam jenis lampu yang hemat energi seperti lampu LED. “Lebih banyak memang kita LED karena lebih hemat. Kalau solar cell hanya beberapa saja,” jelasnya.

Dijelaskannya, untuk pembangunan PJU baru di sejumlah jalan Kabupaten dan kota Lamongan dianggarkan sebesar Rp 1,5 Miliar dan anggaran pemeliharaanya sebesar Rp 900 juta. "Semua total anggaran sebesar Rp 2,4 Miliar," ujarnya.

Pantauan di lapangan, setelah membangun taman-taman kecil di pinggir jalan dalam kota Lamongan, PU Cipta Karya memasang puluhan lampu hias di sekeliling Gedung Pemkab Lamongan.

Lampu warna-warni itu menghiasi penerangan jalan umum (PJU) yang sudah ada. “Lampu warna-warni itu untuk mempermanis PJU. Jadi, pengguna jalan bisa menikmati keindahan saat melintas di jalan raya,” ujarnya.

Menurutnya, lampu-lampu hias itu juga bisa mencegah kecelakaan lalu lintas. Pengguna jalan bisa lebih waspada dari kejauhan. “Ini juga untuk mengantisipasi PJUnya padam. Masih ada penerangan lain,” pungkasnya. (qom/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO