Sabtu, 19 September 2020 21:39

Belum Mendaftar, Kandidat Sekda Pemkab Gresik Saling Menunggu

Minggu, 17 Juli 2016 13:08 WIB
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Belum Mendaftar, Kandidat Sekda Pemkab Gresik Saling Menunggu
Persyaratan seleksi lelang sekda Pemkab Gresik. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Menjelang ditutupnya pendaftaran peserta seleksi calon sekda (sekretaris daerah) Pemkab Gresik, hingga Jumat (15/7) kemarin, belum ada satu pun yang mendaftar di kantor sekretariat pendaftaran di kantor BKD (Badan Kepegawaian Daerah). Penegasan itu disampaikan Kepala BKD Pemkab Gresik, M. Nadlif, Sabtu (17/7). Sedangkan pendaftaran akan ditutup Kamis (21/7) mendatang.

Kondisi tersebut ada beberapa kemungkinan. Salah satunya para pejabat eselon II saat ini sedang sama-sama wait and see (saling menunggu) siapa saja pejabat yang akan ikut seleksi sekda. Sehingga, mereka sama-sama bisa saling menakar kemampuan rival-rival mereka.

Kemungkinan lain, masing-masing pejabat yang akan mendaftar tengah melengkapi persyaratan. "Sampai kemarin (Jumat,red) belum ada yang masuk (mendaftar). Mungkin masih nyelesaikan persyaratan. Atau masih wait and see. Nunggu batas waktu," jelas Nadlif.

Nadlif menyatakan, lelang jabatan sekda selain untuk menindaklanjut UU ASN (Undang-Undang Aparatur Sipil Negara) Nomor 5 Tahun 2014, juga dimaksudnya untuk mencari calon sekda yang layak.

Dia yakin, siapa pun nantinya yang akan ditunjuk Bupati Sambari Halim Radianto menduduki jabatan sekda definitif adalah yang terbaik. "Oh jelas, siapa yang terpilih menjadi sekda nanti adalah yang terbaik," tegasnya.

Ditambahkan Nadlif, sekda merupakan jabatan tertinggi di birokrasi (top leader birokrasi). Sekda nantinya sebagai koordinator para pegawai. Dia juga merupakan pembina dan pengendali birokrasi.

"Kami berharap siapa pun yang menjadi sekda nanti bisa membawa birokrasi di Pemkab Gresik makin baik," pungkasnya.

Seleksi Sekda Pemkab Gresik yang dibuat panitia yang diketuai Abdul Kholiq, melalui beberapa tahapan. Untuk pendaftaran/penerimaan berkas dibuka pada 27 Juni-21 Juli 2016. Seleksi administrasi pada 22-23 Juli 2016.

Kemudian, untuk pengumuman hasil seleksi administrasi pada 25 Juli 2016. Seleksi kompetensi pada 28 Juli-5 Agustus 2016. Lalu, uji kelayakan dan kepatutan pada 9-10 Agustus 2016. Pengumuman hasil akhir pada 16 Agustus.Tes kesehatan dan psikiatris pada 18-19 Agustus 2016.

Dan terakhir, untuk pengajuan 3 calon sekda ke Bupati, Sambari Halim Radianto dilakukan pada 24 Agustus 2016.

Sementara untuk syarat umum peserta calon sekda ada 11 item. Sedangkan, syarat administratif sebanyak 12 item. Persyaratan umum di antaranya, PNS (Pegawai Negeri Sipil) harus sudah menduduki jabatan eselon II minimal dua kali dan berusia maksimal 58 tahun.

Kemudian, diutamakan sudah pernah mengikuti diklat kepeminpinan II, sekurang-kurangnya pangkat IVb. (hud/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 06 September 2020 19:43 WIB
PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Obyek wisata Pantai Bahak di Kecamatan Tongas, Kabupaten Probolinggo mulai diminati para wisatawan. Bahkan di hari libur, pengunjung pantai Bahak mencapai ratusan orang.Menariknya, di tengah pandemi Covid-19, pantai Ba...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Selasa, 15 September 2020 13:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*30. inna alladziina aamanuu wa’amiluu alshshaalihaati innaa laa nudhii’u ajra man ahsana ‘amalaanSungguh, mereka yang beriman dan mengerjakan kebajikan, Kami benar-benar tidak akan menyia-nyiakan pahala or...
Jumat, 11 September 2020 09:50 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...