Erupsi Bromo Mulai Mengarah ke Lumajang, Tanaman Sayur di Senduro Rusak

Erupsi Bromo Mulai Mengarah ke Lumajang, Tanaman Sayur di Senduro Rusak Gunung Bromo mengeluarkan abu vulkanik. foto: antara

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Meski masih berstatus waspada, mulai erupsi. Hujan abu vulkanis, terus menggguyur lereng Bromo dan mulai mengarah ke Lumajang.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) serta Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, telah menyiapkan sekitar 2.500 buah masker untuk dibagikan pada warga yang terdampak.

"Kemarin kita bagikan sekitar 500 masker ke warga Argosari sebagai antisipasi awal," kata Plt Kepala BPBD, Hendro Wahyono seperti dilansir beritajatim.com, Sabtu (16/7).

Menurut dia, saat ini letusan abu vulkanik Bromo memang belum masuk kawasan pertanian dan pemukiman warga. Hanya wilayah padang pasir dan tebing bagian timur pegunungan Bromo.

"Kami sudah berkoordinasi dengan Dinkes, sekarang masker ada di puskesmas pembantu dan rumah bidan di Desa Argosari," terangnya.

Kadinkes dr Triworo mengaku sudah menginstruksikan ke puskesmas di wilayah Senduro bila ada dampak dari letusan Bromo untuk saling membantu. Karena, dampak dari abu Bromo bisa menganggu saluran pernafasan warga. "Jadi nanti bila ada dampak, akan dilakukan perawatan gratis," paparnya.

Lihat juga video 'Hati-Hati, Ruas Jalan Menuju Gunung Bromo Longsor':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO