Peminat Mudik Gratis Membludak, Dishub Sidoarjo Tolak 50 Pendaftar

Peminat Mudik Gratis Membludak, Dishub Sidoarjo Tolak 50 Pendaftar Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah memberangkatkan bus Mudik Gratis Lebaran 2016, di halaman Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Senin (4/7). foto:. MUSTAIN/BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Mudik Gratis Lebaran Tahun 2016 banjir peminat. Warga pun berbondong-bondong mendatangi Kantor Dinas Perhubungan (Dishub) Sidoarjo untuk mendaftar mudik gratis.

Namun karena kuota kursi sudah habis, maka Dishub terpaksa menolak sekitar 50 warga yang mendaftar mudik gratis tersebut.

"Kami mohon maaf terpaksa menolak 50 orang karena kuota yang tersedia sudah terisi," cetus Kepala Dishub Sidoarjo Joko Santoso, saat Pemberangkatan Mudik Gratis Angkutan Lebaran 1437 H/2016 M, di halaman Pendopo Delta Wibawa , Senin (4/7).

Kata Joko, mudik gratis tahun ini disediakan sebanyak 25 bus, dengan total jumlah penumpang 1375 orang. "Mudah-mudahan tahun depan anggaran bisa ditambah, sehingga kami juga menyediakan layanan mengangkut motor warga yang ikut mudik gratis," cetus mantan Kepala BPPT Sidoarjo ini.

Joko menambahkan, pihaknya sudah mengecek kelaikan bus untuk mudik gratis ini. Makanya satu bus diganti dengan yang baru setelah ditemukan ada katup yang tidak normal.

Menurut Joko, 25 bus itu mengangkut warga yang hendak mudik dengan sejumlah daerah tujuan, yakni 6 bus tujuan Ponorogo, 5 bus tujuan Magetan, 4 bus tujuan Jember, dan 3 bus tujuan Banyuwangi.

Sedangkan untuk tujuan Blitar, Tuban, Bojonegoro dan Trenggalek disediakan masing-masing satu bus. "Kami berharap mudik gratis ini bisa meningkatkan jalinan silaturahim dengan warga," imbuh Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah, kala memberangkatkan Mudik Gratis Lebaran Tahun 2016.

Kala simbolis memberangkatkan Mudik Gratis Lebaran 2016, Bupati didampingi Wabup H Nur Ahmad Syaifuddin, Ketua Komisi D DPRD Sidoarjo H Usman, Kapolres Sidoarjo AKBP Moh Anwar Nasir, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol Inf Andre Julian, Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Franky Effendi dan sejumlah kepala SKPD di lingkungan .

Kata Bupati, mudik gratis yang sudah digelar rutin sejak beberapa tahun lalu ini, juga diharapkan mengurangi kepadatan lalu lintas saat arus mudik, karena meningkatnya pemakaian kendaraan pribadi.

"Untuk para sopir, utamakanlah keselamatan penumpang. Patuhi rambu-rambu lalu lintas. Untuk warga jaga keselamatan masing-masing hingga tiba di kampung halaman. Sampaikan salam hangat kami untuk keluarga di kampung halaman," pesan Abah Saiful, panggilan karib H Saiful Ilah. (sta/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO