Dikbudparpora Ponorogo Seriusi Desa Wisata

Dikbudparpora Ponorogo Seriusi Desa Wisata Edi Darwanto ST, Kasi Objek dan Daya Tarik Wisata.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Dikbudparpora Ponorogo serius membangun banyak Desa Wisata di Ponorogo. Untuk langkah awal, dilakukan sosialisasi terkait pemberdayaan dan menanamkan pemahaman kepada masyarakat, tentang pentingnya partisipasi dan pelibatan masyarakat dalam kegiatan pengembangan pariwisata berbasis masyarakat.

Kepala Bidang Pengembangan Dinbudparpora Kabupaten Ponorogo Ir Mahmud Budiharto mengatakan, desa wisata sekaligus menumbuhkembangkan kesadaran masyarakat dalam mewujudkan iklim yang kondusif bagi tumbuh berkembangnya pariwisata berbasis pemberdayaan masyarakat.

Kasi Objek dan Daya Tarik Wisata Edi Darwanto ST, saat di Telaga Ngebel mengatakan, bahwa Desa wisata adalah sebuah kawasan pedesaan yang memiliki beberapa karakteristik khusus untuk menjadi daerah tujuan wisata.

Di luar faktor-faktor ini, alam dan lingkungan yang masih asli terjaga merupakan salah satu faktor terpenting dari sebuah kawasan tujuan wisata. "Di Ponorogo penduduknya masih memiliki tradisi dan budaya yang relatif masih asli. Dan beberapa faktor pendukung seperti makanan khas, sistem pertanian dan sistem sosial turut mewarnai sebuah kawasan desa wisata," tandas dia. (jar/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO