Dewan Dukung Pemkab Blitar Buat Perda Miras

Dewan Dukung Pemkab Blitar Buat Perda Miras Ilustrasi

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Suwito Saren Satoto mendukung rencana kebijakan Bupati untuk membuat Peraturan Daerah (Perda) tentang perdagangan minuman keras (miras) baik yang bermerek maupun oplosan.

Politisi PDI Perjuangan ini menganggap rencana Perda miras yang disampaikan Bupati Blitar Rijanto sangatlah penting bagi situasi dan kondisi Kabupaten Blitar.

"Peredaran miras selama ini memang sudah cukup mengkhawatirkan bagi generasi bangsa khususnya di kabupaten Blitar," jelasnya kepada wartawan, Sabtu (18/6).

Selain itu lanjut Suwito dengan adanya peraturan yang tegas terkait peredaran miras, ke depannya diharapkan tingkat kriminalitas juga akan menurun. Meski miras bukan faktor utama terjadinya tindak kriminal, tetapi merupakan salah satu faktor potensi penyebab kriminalitas itu sendiri. Sehingga pihaknya mendorong agar eksekutif segera mengusulkan perda itu pada legislatif.

"Jika miras dibatasi, yakin tindak kriminalitas juga akan turun," imbuhnya.

Sebelumnya Bupati Blitar, Rijanto mengatakan, bahwa Draft Perda Miras saat ini tengah dalam proses penggodokan di Eksekutif. Pembuatan Perda ini butuh proses, namun pihaknya optimis jika nanti Perda ini sudah jadi akan mampu menekan peredaran miras di Kabupaten Blitar yang sudah semakin memprihatinkan . Pasalnya jika berkaca pada tahun 2015 lalu saja, sudah banyak warga Kabupaten Blitar tewas akibat menenggak minuman haram tersebut.

Ironisnya biasanya korban yang karena miras adalah orang orang yang masih muda atau yang masih berusia produktif.

"Beberapa waktu yang lalu kami sudah kumpulkan SKPD dan Dinas Terkait untuk membahas ini. setelah proses di Eksekutif selesai akan kami limpahkan ke Legislatif untuk digodok lagi menjadi Perda. Dan ini harus segera terealisasi agar tidak ada kejadian lagi warga Kabupaten Blitar yang meninggal akibat miras,” kata Bupati Rijanto. (tri/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO