Said Aqil Bilang Tak Ada Kader NU Diangkat Jadi Menteri, Jokowi Langsung Ingat Reshuffle

Said Aqil Bilang Tak Ada Kader NU Diangkat Jadi Menteri, Jokowi Langsung Ingat Reshuffle Presiden Joko Widodo bersama ibu negara Iriana saat hadir dalam Haul Ketiga Taufiq Kiemas, di kediaman Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (8/6) malam. foto: detik.com

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Presiden Joko Widodo mengaku tiba-tiba ingat reshuffle. Pernyataan itu ia sampaikan saat memberi sambutan dalam Haul Ketiga Taufiq Kiemas, di kediaman Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (8/6) malam.

Awalnya, KH Said Aqil Siroj menyampaikan tausiah. Saat itu, Jokowi belum datang. Ketika Jokowi datang, Said Aqil pun langsung menyambutnya dengan gurauan. Ia menyinggung, tak ada kader NU yang ditunjuk Jokowi sebagai menteri.

Menurut Said Aqil, Jokowi lebih memilih kader PKB untuk menjabat sebagai menteri.

Pernyataan Said Aqil ini sontak disambut tawa, termasuk oleh Jokowi dan sejumlah menteri Kabinet Kerja yang juga hadir dalam acara itu.

Saat diberi kesempatan menyampaikan sambutan, Jokowi menanggapi pernyataan Said Aqil. Ia mengaku langsung menghitung menteri di kabinetnya yang berasal dari NU setelah mendengar pernyataan Said Aqil.

"Saya mau klarifikasi mengenai menteri NU. Tadi diam diam saya hitung ada 6. Jadi NU ada," kata Jokowi.

Lalu, bagaimana dengan jumlah menteri dari kalangan Muhammadiyah? "Muhammadiyah, karena Dr Haedar enggak tanya, saya enggak ngitung," seloroh Jokowi.

"Saya jadi ingat reshuffle kalau begini," tambah Jokowi.

Hadir dalam acara ini Wakil Presiden Jusuf Kalla, mantan Wakil Presiden RI Try Sutrisno dan para pimpinan partai politik seperti Ketum Nasdem Surya Paloh, Ketum Golkar Setya Novanto dan Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

Hadir juga jajaran menteri Kabinet Kerja, seperti Menko Perekonomian Darmin Nasution, Ketua MPR Zulkifli Hasan, Mendagri Tjahjo Kumolo, Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan, dan Menkum HAM Yasonna Laoly.

Sumber: kompas.com/detik.com/tribunews.com

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO