Ngabuburit Sambil Merekam Bus Berklakson "Telolet"

Ngabuburit Sambil Merekam Bus Berklakson "Telolet" Para bocah saat merekam bus berklakson "telolet". foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Beragam cara dilakukan mengisi waktu menjelang berbuka puasa. Seperti dilakukan beberapa anak yang tergabung dalam Bus Mania Kabupaten Jombang. Sambil menunggu azan mahgrib, mereka merekam laju bus di jalan raya Basuki Rahmat dengan telepon genggamnya demi mendapatkan suara klakson atau biasa disebut "telolet" dari sang sopir bus.

Suara klakson yang terekam selanjutnya diunggah oleh bocah-bocah itu ke media sosial, seperti Youtube, agar bisa dilihat banyak orang.

Aksi bocah-bocah ini dilakukan di atas jam 15.00 WIB sekalian menunggu berbuka puasa atau ngabuburit. untuk membedakan Bus yang mempunyai klakson yang unik mereka cukup melihat tampilan bus yang menarik. Biasanya bus tersebut mempunyai tiga sampai enam corong klakson di atas bus.

Salah satu dari perekam klakson telolet bus adalah Krisna Tri Budi Wibowo (12). Ia mengaku sudah setengah jam mereka ngetem di pinggir jalan itu, namun belum satupun bus yang berhasil mereka rekam suara klaksonnya. Mereka santai, tapi pandangannya tak pernah lepas dari jalanan, mengamati kemungkinan ada bus yang lewat.

Meski demikian, mereka seolah tak lelah duduk dan berdiri setiap ada bus yang melaju di depannya. Menurut Krisna, hobi merekam klakson bus tersebut sudah dijalaninya sejak beberapa bulan yang lalu. Awalnya, siswa kelas Vl ini hanya ikut-ikutan temannya.

"Pertama diajakin teman, tapi lama-lama jadi suka," katanya, Selasa (07/6) sore.

Krisna mengaku sudah mempunyai koleksi 200 rekaman suara bus dengan berbagai variasi suara klaksonnya. Meski mengaku sebagai hobi atau kesenangan, mereka tidak pernah melupakan kewajibannya dalam beribadah maupun belajar.

"Cuma kalau tidak ada tugas atau libur, kita keluar merekam telolet. Nanti kalau sudah mau berbuka kita pulang," ujar krisna. (ony/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO