Bandara Juanda Latihan Penanganan Kecelakaan Pesawat

Bandara Juanda Latihan Penanganan Kecelakaan Pesawat Suasana simulasi penanganan kecelakaan pesawat jatuh dekat Bandara Juanda, Kamis (2/6). foto: istimewa

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Otoritas Bandara Internasional Juanda menggelar simulasi penanganan kecelakaan pesawat di lapangan , Kamis (2/6). Kegiatan simulasi Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) ke-88 itu, guna menguji kesiapan seluruh instansi terkait dalam penanganan bencana di bandara Juanda.

"Simulasi ini diadakan untuk menguji kesiapan instansi terkait penanganan bencana. Juga untuk menguji kehandalan serta kemamuan seluruh personel,” cetus Yuwono, General Manager PT Angkasa Pura I cabang , di sela simulasi kepada wartawan.

Seluruh personel yang ada terlibat dalam penanganan cepat tersebut. Mulai dari penanganan kebakaran badan pesawat, penyelamatan korban luka, evakuasi korban hingga identifikasi.

“Dengan adanya kegiatan pelatihan ini, diharapkan mampu meningkatkan kualitas serta pelayanan di Bandara Internasional Juanda Surabaya, khususnya dalam rangka penanganan bencana serta antisipasi peluang ancaman yang mampu mengganggu proses penerbangan,” bebernya.

Dalam simulasi, pesawat Angkasa Air dengan nomor penerbangan SUB 008 dari Singapura menuju Surabaya jatuh sesaat sebelum mencapai landasan Bandara Internasional Juanda, Kamis (2/6) sekitar pukul 09.00 WIB. Sebanyak 30 penumpang dikabarkan tewas dalam kejadian tersebut.

Pesawat jenis Airbus tipe A-330 tersebut terjatuh lantaran mengalami downdraft atau pergerakan udara yang menurun tiba-tiba sehingga menyebabkan pesawat langsung jatuh dan terbakar.

Sedikitnya ada 5 mobil pemadam kebakaran yang terlihat di lokasi. Belasan mobil ambulans juga datang dan pergi membawa korban puluhan korban selamat. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO