Resahkan Pengguna Jalan, Satpol PP Kota Kediri Amankan Belasan Gelandangan

Resahkan Pengguna Jalan, Satpol PP Kota Kediri Amankan Belasan Gelandangan Petugas Satpol PP Kota Kediri menggendong paksa seorang gelandangan yang menolak untuk ditertibkan. foto: arif kurniawan/ BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Sekitar 15 gelandangan dan pengamen jalanan diringkus anggota satpol PP Kota Kediri, Kamis (26\/5). Petugas menertibkan mereka karena dirasa menganggu ketertiban dan pengguna jalan. Petugas pun melakukan pemaksaan saat beberapa gelandangan menolak untuk dibawa ke Dinas Sosial Kota Kediri.

Tampak terlihat beberapa gelandangan mengelak saat beberapa petugas meminta mereka untuk ditertibkan. Mereka bersikukuh bertahan bahkan mencoba melarikan diri. Bahkan salah satu gelandangan berteriak memita petugas melepaskannya. Petugas pun langsung menggelandangnya dan memasukkan ke dalam truk patroli.

Kasi Trantib Satpol PP Kota Kediri Nurkhamid mengungkapkan hal ini dilakukan untuk menciptakan ketertiban bagi para pengguna jalan.

Sebab selama ini banyak masyarakat yang terganggu dengan banyaknya gelandangan dan pengemis yang meminta-minta di perempatan lampu merah di Kota Kediri. Tak hanya itu, suasana kota terlihat kumuh dengan banyaknya gelandangan yang tidur di pinggir-pinggir jalan. Dengan membawa beberapa karung bekal pakaian para gelandangan itu tidur di sudut-sudut jalan Kota Kediri. Alasan itulah yang membaut Satpol PP melakukan penertiban ini.

"Harapan kita dengan razia ini bisa mengurangi banyakanya gelandangan yang ada di Kota Kediri," tegas Nurkhamid.

Sesuai pantauan, pukul 09.00 WIB petugas melakukan penyisiran di ruas jalan Kota Kediri. Sasaran awal menuju Jl Hasanudin hingga ke depan Kodim 521. Di sepanjang jalan petugas mengamankan empat gelandangan dan pengemes yang membawa anak balita.

Penyisiran dilanjutkan menuju perempatan Bence dan menuju perempatan Ngeronggo, Kota Kediri. Di lokasi tersebut diamankan seorang pria yang sedang mengamen di perempatan. Mengetahui petugas, pria berusia sekitar 35 tahunan itu mencoba melarikan diri.

Petugas melanjutkan menuju perempatan alun-alun Kota Kediri. Meski berusaha bersembunyi seorang perempuan lanjut usia diamankan petugas. Petugas langsung mengiringnya menuju truk patroli. Satpol PP melanjutkan sasaran ke perempatan semampir. Di tempat tersebut tidak ditemukan pengamen atau gelandangan.

"Hari ini tadi (kemarin) kita amankan 15 gelandangan dan pengamen dan kita bawa ke Dinas Sosial untuk dilakukan pembinaan," tegas Nurkhamid. (rif/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO