Banyak Calo 'Berkeliaran', Kepala Dispendukcapil Jombang Ngaku Tak Bisa Berbuat Banyak

Banyak Calo Antrean di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Jombang. foto: rony suhartomo/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Hanya berbekal Surat Kuasa dari para pemohon administratif di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Jombang, para perantara (calo) leluasa untuk mendapatkan rupiah dari para pengurus tersebut.

Pantauan wartawan di Dispenduk Capil Jombang, beberapa orang berperawakan sedang terlihat menawarkan jasa kepada masyarakat yang hendak mengurus adminiatrasi. Mereka membawa blangko surat kuasa yang nantinya akan diisi oleh masyarakat yang berkenan urusan administrasinya diuruskan.

Kepala Dispendukcapil Jombang, Hadi Purnama mengakui banyaknya calo yang berkeliaran di kantornya. Ia hanya mengatakan tidak dapat berbuat banyak terkait praktik percaloan tersebut.

"Mereka itu mengurus menggunakan surat kuasa, jadi bisa dikatakan secara resmi, karena surat kuasa tersebut diberikan oleh masyarakat yang akan mengurus administrasi kependudukan," ujarnya saat ditemui wartawan, di kantornya, Rabu (4/5).

Namun, Hadi menambahkan, sebagai upaya menanggulangi maraknya proses percaloan, pihaknya saat ini sudah membatasi kepengurusan administrasi kependukan dengan menggunakan surat kuasa hanya pada hari Senin dan Selasa pada setiap minggunya.

"Selain itu pengambilan nomor antrean juga berlaku satu orang dan satu berkas hanya mendapatkan satu nomor antrean," imbuhnya.

Hadi juga berharap agar pengurusan administrasi kependudukan tidak dikuasakan kepada orang lain, sehingga masyarakat paham akan alur dan aturan yang berlaku didinas kependudukan. Selain itu semua kepengurusan administrasi kependudukan tidak dikenakan biaya alias gratis. (ony/dio/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO