Pendaftaran Calon Brigadir Polisi Dibuka, Pemohon Adminduk Membludak

Pendaftaran Calon Brigadir Polisi Dibuka, Pemohon Adminduk Membludak Suasana di ruang tunggu, Dispendukcapil Pacitan yang dipenuhi pemohon Adminduk, pagi ini tadi.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Seiring dibukanya pendaftaran calon Brigadir Polisi, tahun 2016 ini, animo pemohon administrasi kependudukan (adminduk) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten , mengalami lonjakan sangat berarti. Hal tersebut dibenarkan HM. Fathony, Kepala Dispendukcapil , Selasa (19/4) pagi ini.

Menurut mantan Kepala Dinas Pendidikan tersebut, kebanyakan warga masyarakat mengurus legalisir akta kelahiran serta permohonan pencetakan KTP Elektronik (KTP El). Pun kartu keluarga, juga tak kalah banyaknya.

"Mayoritas mereka hendak mendaftarkan diri sebagai calon Brigadir Polisi. Sehingga banyak sekali persyaratan, khususnya adminduk yang harus dilengkapi," ujarnya.

Pernyataan senada juga disampaikan Ari Januarsih, Kepala Bidang Perkembangan Penduduk (PP), Dispendukcapil, , ditempat terpisah. Ari mengakui, sejak Senin (18/4) kemarin, memang terjadi lonjakan permohonan pengurusan KTP El, khususnya warga wajib KTP pemula yang baru berusia 17 tahun. "Memang benar, ada lonjakan permohonan adminduk sangat signifikan," timpal Ari.

Lebih lanjut, pejabat eselon IIIB ini mengungkapkan, bila diprosentase, kenaikan permohonan adminduk, terutama KTP dan KK (kartu keluarga) mengalami kenaikan sekitar 50 persen dibanding hari biasa. ‎Kalau hari-hari biasa, jumlah pemohon KTP sekitar 50-60 per hari, saat ini ada kenaikan hingga mencapai 100 pemohon dalam seharinya. Begitupun dengan KK, yang semula sekitar 70 pemohon, sekarang ini mencapai seratusan lebih pemohon setiap harinya.

"Rata-rata ada kenaikan antara 50 hingga 100 persen pemohon setiap harinya," terang Ari pada awak media.

Sekalipun terjadi lonjakan pemohon cukup signifikan, akan tetapi dari sisi kesiapan pelayanan tidak ada kendala berarti. ‎Soal ketersediaan blanko KTP, Ari menegaskan masih ada sekitar 1.300'an keping blanko KTP El kosong dan sangat longgar untuk melayani wajib KTP pemula yang mengajukan permohonan cetak.

Apalagi, lanjut dia, para pemohon KTP pemula itu, jauh-jauh hari sudah melaksanakan proses perekaman disekolah masing-masing. Sehingga, secara teknis dan administratif, semua proses pelayanan permohonan adminduk di Dispendukcapil , sejauh ini sangat lancar. Termasuk dukungan koneksi jaringan data server di daerah dengan Kemendagri juga tidak menemui kendala. "Kita dukung anak-anak kita yang berkeinginan melamar sebagai calon Brigadir Polisi, dengan pelayanan cepat dan tepat," tukasnya. (pct1)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO