1.300 Pengurus MUI Tingkat Desa di Bojonegoro Dilantik

1.300 Pengurus MUI Tingkat Desa di Bojonegoro Dilantik

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 1.300 pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang tersebar di 43 Desa di 27 Kecamatan di Bojonegoro dilantik di pendopo Pemerintah Kabupaten (Pemkab), Rabu (6/4/16).

Pelantikan itu dipimpin langsung Bupati Bojonegoro, Suyoto. Dalam sambutannya, Kang Yoto sapaan akrabnya, mengapresiasi kegiatan tersebut. Sebab, ulama merupakan bagian dari penggerak pembangunan di Kota Ledre.

Pelantikan pengurus MUI tersebut diawali dengan pembacaan surat keputusan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) , Nomor 001-027/MUI/Bjn/12/2016 tentang pengukuhan pengurus MUI Kecamatan dan Desa se Kabupaten Bojonegoro periode 2016-2021.

Kemudian diikuti dengan penandatangan berita acara pelantikan dan pengukuhan pengurus MUI tingkat kecamatan dan desa.

Kang Yoto -sapaan karib Suyoto- menyampaikan tentang tanggungjawab sosial kemasyarakatan yang diemban pengurus MUI baik Kabupaten, Kecamatan bahkan di tingkat Desa. MUI mempunyai tugas mulia yakni membawa umat atau rakyat hidup lebih maju.

"Dalam bahasa lainnya bisa pula dikatakan bahwa maju dan mundurnya desa atau kecamatan tergantung ulama," ungkapnya.

Disebutkan Bupati, bahwa tipikal karakteristik Bojonegoro terbagi dalam dua klasfikasi. Di mana Bojonegoro ke timur roda penggerak pembangunan terdiri dari pemerintah, pengusaha dan ulama. Sedangkan untuk Bojonegoro ke barat pemerintah, ulama dan sedikit sentuhan pengusaha.

"Hal ini berdampak pada pertumbuhan kedua titik yang jauh berbeda, untuk Bojonegoro barat cenderung stagnan dan lamban jika dibandingkan Bojonegoro timur," jelas Kang Yoto.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO