Sabtu, 11 Juli 2020 07:59

MUI Bojonegoro Imbau Warga Muslim Salat Idulfitri di Rumah

Rabu, 20 Mei 2020 15:36 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Eky Nurhadi
MUI Bojonegoro Imbau Warga Muslim Salat Idulfitri di Rumah
Ilustrasi. (Unsplash/@rumanamin).

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bojonegoro, mengimbau masyarakat muslim agar melakukan salat Idulfitri di rumah saja pada Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriah besok. Hal itu, guna mengantisipasi penularan dan penyebaran Covid-19.

Ketua Harian MUI Bojonegoro, KH. Alamul Huda mengatakan, imbauan untuk melaksanakan salat Idulfitri di rumah itu sesuai fatwa MUI Pusat. Menurutnya, warga Bojonegoro juga perlu melaksanakan salat Idulfitri di rumah masing-masing, terutama bagi kecamatan yang termasuk zona merah Covid-19.

"Diperlukan untuk salat Idulfitri di rumah bagi desa yang ada warganya positif Covid-19 sesuai hasil swab test," ujarnya, Rabu (20/5/20/2020).

Gus Huda, sapaan akrabnya, selain mengimbau untuk salat Idulfitri di rumah juga supaya menghindari kerumunan saat bersilaturahmi ke rumah tetangga. "Dan jangan lupa tetap memakai masker," imbaunya.

Imbauan tersebut, direspons cepat oleh Takmir Masjid Agung Darussalam Kota Bojonegoro. Masjid Kabupaten ini, memastikan tidak melaksanakan ibadah salat Idulfitri pada Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah.

Hal itu, sesuai dengan surat edaran dari pengurus masjid tertanggal 20 Mei 2020. Isinya adalah Takmir Masjid Agung Darussalam, memberitahukan kepada Dinas Perhubungan Bojonegoro bahwa pada Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah tahun ini tidak menyelenggarakan salat Idulfitri berjamaah.

Ditiadakannya salat Idulfitri itu, guna mempertimbangkan situasi terkini terkait wabah Covid-19. Surat itu, juga ditembuskan kepada Bupati Bojonegoro, Anna Muawwanah.

Kasubbag Humas Pemkab Bojonegoro, Masirin membenarkan bahwa Masjid Agung Darussalam tidak melaksanakan salat Idulfitri. Kata dia, surat dari pengurus masjid juga sudah diterima bupati.

"Iya, Masjid Agung Darussalam tidak mengadakan salat Idulfitri karena mempertimbangkan situasi Covid-19," ujar Masirin. (nur/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Jumat, 10 Juli 2020 21:04 WIB
Oleh: Ibnu Rusydi Sahara*“Sampean dari Surabaya?” Teman saya kerap menerima pertanyaan itu, manakala turun dari bus antarkota yang membawanya dari Surabaya di beberapa kota di Jawa Timur. Yang bertanya tukang ojek. Yang biasa mangkal di sep...
Rabu, 24 Juni 2020 23:47 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*25. Walabitsuu fii kahfihim tsalaatsa mi-atin siniina waizdaaduu tis’aanDan mereka tinggal dalam gua selama tiga ratus tahun dan ditambah sembilan tahun.26. Quli allaahu a’lamu bimaa labitsuu lahu ghaybu als...
Sabtu, 11 Juli 2020 01:28 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat...