Rabu, 30 September 2020 06:05

MUI Bojonegoro Imbau Warga Muslim Salat Idulfitri di Rumah

Rabu, 20 Mei 2020 15:36 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: Eky Nurhadi
MUI Bojonegoro Imbau Warga Muslim Salat Idulfitri di Rumah
Ilustrasi. (Unsplash/@rumanamin).

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bojonegoro, mengimbau masyarakat muslim agar melakukan salat Idulfitri di rumah saja pada Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1441 Hijriah besok. Hal itu, guna mengantisipasi penularan dan penyebaran Covid-19.

Ketua Harian MUI Bojonegoro, KH. Alamul Huda mengatakan, imbauan untuk melaksanakan salat Idulfitri di rumah itu sesuai fatwa MUI Pusat. Menurutnya, warga Bojonegoro juga perlu melaksanakan salat Idulfitri di rumah masing-masing, terutama bagi kecamatan yang termasuk zona merah Covid-19.

"Diperlukan untuk salat Idulfitri di rumah bagi desa yang ada warganya positif Covid-19 sesuai hasil swab test," ujarnya, Rabu (20/5/20/2020).

Gus Huda, sapaan akrabnya, selain mengimbau untuk salat Idulfitri di rumah juga supaya menghindari kerumunan saat bersilaturahmi ke rumah tetangga. "Dan jangan lupa tetap memakai masker," imbaunya.

Imbauan tersebut, direspons cepat oleh Takmir Masjid Agung Darussalam Kota Bojonegoro. Masjid Kabupaten ini, memastikan tidak melaksanakan ibadah salat Idulfitri pada Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah.

Hal itu, sesuai dengan surat edaran dari pengurus masjid tertanggal 20 Mei 2020. Isinya adalah Takmir Masjid Agung Darussalam, memberitahukan kepada Dinas Perhubungan Bojonegoro bahwa pada Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah tahun ini tidak menyelenggarakan salat Idulfitri berjamaah.

Ditiadakannya salat Idulfitri itu, guna mempertimbangkan situasi terkini terkait wabah Covid-19. Surat itu, juga ditembuskan kepada Bupati Bojonegoro, Anna Muawwanah.

Kasubbag Humas Pemkab Bojonegoro, Masirin membenarkan bahwa Masjid Agung Darussalam tidak melaksanakan salat Idulfitri. Kata dia, surat dari pengurus masjid juga sudah diterima bupati.

"Iya, Masjid Agung Darussalam tidak mengadakan salat Idulfitri karena mempertimbangkan situasi Covid-19," ujar Masirin. (nur/zar)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Minggu, 20 September 2020 21:35 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Banyuwangi banyak memiliki pantai cantik yang mempesona dengan keindahannya. Pantai yang bisa memikat para traveler datang di bumi sunrise of java ini.Tetapi bukan hanya pantai cantik saja yang menarik wisatawan mancan...
Kamis, 17 September 2020 20:43 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan---Sebuah video mencuat di media sosial. Viral. Isinya seorang perempuan desa. Madura. Menyanyikan lagu dangdut. Ciptaan Rhoma Irama.Penampilan perempuan itu sangat udik. Norak. Tanpa rias wajah. Bahkan video itu direkam d...
Senin, 28 September 2020 22:43 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*32. waidhrib lahum matsalan rajulayni ja’alnaa li-ahadihimaa jannatayni min a’naabin wahafafnaahumaa binakhlin waja’alnaa baynahumaa zar’aanDan berikanlah (Muhammad) kepada mereka sebuah perumpamaan, dua...
Minggu, 27 September 2020 12:00 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&l...