Panama Papers Mulai Makan Korban, Perdana Menteri Islandia Mundur

Panama Papers Mulai Makan Korban, Perdana Menteri Islandia Mundur PM Sigmundur David Gunnlaugsson. foto: merdeka.com

REYKJAVIK, BANGSAONLINE.com - Skandal Panama Papers mulai memakan korban. Perdana Menteri Islandia Sigmundur David Gunnlaugsson mengundurkan diri setelah namanya terungkap dalam daftar skandal pajak Panama Papers yang bocor ke publik.

Mundurnya Perdana Menteri ini dipublikasikan media lokal Islandia hari ini, Selasa (5/4)

Dalam dokumen itu dinyatakan Gunnlaugsson dan istrinya menyembunyikan dana jutaan dolar dalam bentuk investasi di perusahaan bayangan di luar negeri.

Menyusul bocornya dokumen Panama Papers yang mengungkap sejumlah nama tokoh dunia dalam praktik pencucian uang dan penggelapan pajak, ribuan warga Islandia berunjuk rasa di kota Reykjavic menuntut Perdana Menteri Sigmundur David Gunnlaugsson mundur.

Koran the Daily Mail melaporkan, Selasa (5/3), dokumen Panama Papers membuat rakyat Islandia marah kepada perdana menteri mereka.

Dalam dokumen Panama Papers dikatakan Gunnlaugsson dan istrinya memakai jasa perusahaan Wintris Inc. di British Virgin Island untuk menyembunyikan uangnya dalam bentuk obligasi bank ketika sistem perbankan Islandia ambruk dan pemerintah harus menggelontorkan dana talangan.

Akibat terkuaknya skandal ini, partai-partai oposisi di Islandia hari ini menyerukan Gunnlaugsson untuk mundur dan rakyat geram akibat runtuhnya sistem perbankan pada 2008 kini mendukung seruan itu dan ikut berdemo.

Unjuk rasa kali ini adalah yang terbesar dalam sejarah Islandia sejak demo pada 2008 itu.

"Dia sudah kehilangan semua kredibilitasnya. Setelah apa yang dialami negeri ini, bagaimana mungkin dia berkoar-koar akan membuat negeri ini bangkit dari krisis keuangan? Dia harus mundur," kata konsultan jasa keuangan Arntho Haldersson, seperti dikutip koran the Guardian.

Dokumen rahasia yang terkenal dengan sebutan Panama Paper menguak aksi tipu-tipu ratusan tokoh yang terdiri dari kepala negara, politisi, pebisnis, selebriti, dan olah ragawan menyembunyikan hartanya.

Sumber: Tempo.co/merdeka.com

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO