Burung Hummingbird Ruby, Sekali Terbang Tempuh Jarak 2.200 km

Burung Hummingbird Ruby, Sekali Terbang Tempuh Jarak 2.200 km Burung dengan bobot 3 gram dan besar seukuran tiga klip kertas, tapi kemampuan terbangnya luar biasa. foto: repro mirror.co.uk

LONDON, BANGSAONLINE.com – Burung seukuran 3 klip kertas ini ternyata mempunyai kemampuan terbang dan tenaga luar biasa. Di saat migrasi, dia menempuh jarak 2.200 km, tanpa istirahat.

Para peneliti mengambil kesimpulan, burung mungil ini terbang lebih dari 1.300 mil tanpa istirahat selama migrasi maraton. Biasanya, selama musim gugur, mereka berangkat dari pantai timur AS ke menuju ke Amerika Tengah.

Burung dengan berat 3 gram ini, mengepakkan sayapnya sebanyak 53 kali per detik, dan mampu melakukan manuver apapun saat terbang.

Peneliti dari Alabama Selatan menemukan burung ini mulai migrasi antara akhir Agustus dan akhir Oktober, dan umumnya burung yang masih anakan. Burung yang usianya lebih tua, diperkirakan dapat menempuh jarak lebih jauh, daripada yang lebih muda atau perempuan.

Hasil yang dipublikasikan dalam The Auk: Kemajuan Ornithological, menyimpulkan, burung yang lebih tua dan lebih berpengalaman, bisa berkembang lebih cepat di tempat tujuan migrsi.

"Hal yang paling menarik menurut saya adalah, bagaimana burung secara efektif menggandakan massa tubuh mereka selama migrasi,” kata Dr Theodore Zenzal, dari Southern Mississippi University.

Sementara Ahli Hummingbird, Profesor Chris Clark, dari California University di Riverside, mengatakan: "Ada perbedaan besar saat terbang ke selatan untuk pertama kalinya. Karena teman mereka adalah burung dewasa semua. Maka, burung muda akan kalah saat musim kawin.”

Sumber: mirror.co.uk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO