Tuntut Itung Suara Ulang, Celeg PDIP Mojokerto Lapor Panwaslu

Tuntut Itung Suara Ulang, Celeg PDIP Mojokerto Lapor Panwaslu ?Nunuk ketika menyerahkan berkas laporan ke Panwaslu. Foto:yudi eko purnomo/BANGSAONLINE

MOJOKERTO (bangsaonline) - Temuan adanya dugaan pengalihan suara di tingkat KPPS Magersari, Kota menjadi alat bukti Nunuk Suryani, calon legislatif (caleg) PDIP ke Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu). Caleg dari dapil 2 Magersari secara resmi melaporkan perkara yang membuat dirinya terjungkal dari persaingan merebut kursi Dewan.

Berdasar versi form C1, Nunuk berhasil mengumpulkan 1,302 suara. Atau selisih 69 suara dari pesaingnya yakni Darwanto yang berstatus incumbent. Mantan politisi Golkar yang loncat partai ke PDIP itu mendapat 1,371 suara dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 9 April lalu. Dan dinyatakan sebagai caleg jadi.

Tapi dalam form D1 (kelurahan) perolehan suara caleg ini berubah. Hasil 32 suara dari TPS 10 Magersari mendadak hilang dan diduga bergeser ke suara caleg Darwanto yang menempati nomer urut dibawahnya. Hasil rekap KPU suara Nunuk justru berkurang jadi 1,270 suara. Sementara Darwanto malah bertambah menjadi 1,403 suara. Artinya, suara Darwanto naik 32 suara tapi Nunuk malah berkurang 32 suara.

"Indikasinya kesengajaan mengalihkan suara ini untuk kemenangan caleg tertentu. Atas dasar dugaan pengalihan form C1 dan D1 kami melaporkan kasus ini ke Panwaslu dan DPP PDIP," ujar Nunuk usai laporan, Selasa (6/5/2014).

Karenanya Nunuk menuntut penghitungan ulang di TPS Magersari. "Dugaan pengalihan suara ini kami pastikan terjadi di TPS-TPS lainnya. Karenanya kami mohon Panwaslu merekomendasikan penghitungan ulang surat suara secara manual khusus di TPS Magersari," desaknya.

Dalam suratnya, Nunuk juga meminta pihak DPP PDIP mempertimbangkan sanksi atas pelanggaran ini. Hal ini mengacu SK DPP PDIP No : 4068 yang intinya adanya ketegasan dari partai jika caleg yang diketahui memindahkan nama TPS akan disanksi dan di PAW kan.

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO