Tiga Tahun Dibiarkan Rusak, Warga Tawangsari Mojokerto Ubah Jalan jadi Makam

Tiga Tahun Dibiarkan Rusak, Warga Tawangsari Mojokerto Ubah Jalan jadi Makam 'Makam' yang dibangun oleh warga di tengah jalan. foto: yudi eko purnomo/ BANGSAONLINE

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Kesal jalan alternatif Trowulan menuju Jombang tak ditangani, warga Dusun Wonosuko, Desa Tawangsari, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto menyulap jalan yang hancur menjadi makam. Di bagian lain warga mengubahnya menjadi taman dengan menempatkan tulisan bernada sindiran.

"Jalan ini sudah rusak lebih dari tiga tahun lalu, tapi tak ada respon apapun dari pemerintah," kata Asmaji warga Dusun Wonosuko, (2/3) kemarin.

Kondisi jalan seperti area offroad, penuh lumpur dan berlubang. Padahal, kata dia, jalan tersebut cukup penting karena menghubungkan Mojokerto dengan Jombang. Namun lantaran tak ada respon, kondisi jalan semakin rusak parah. Kerusakan jalan cukup parah karena pada sisi tengah sudah berlubang. Meski sudah ditambal dengan tanah urukan, namun jalan itu tetap tergenang air saat hujan.

"Untuk kondisi ini, kami sudah menyampaikan ke desa dan pemkab, namun belum ada perbaikan. Makanya, warga urunan beli tanah untuk menguruk jalan. Tapi saat hujan selalu banjir jadi menghanyutkan tanah uruk, dan juga banyak pengendara yang jatuh," urainya.

Tak hanya karena banjir, jalur alternatif itu banyak dilalui truk, sehingga memperparah kondisi jalan. Dari kondisi ini, dari pemkab dan desa menawarkan perbaikan jalan cor sekaligus pelebaran jalan, namun warga ada yang keberatan karena beberapa rumah harus mepet jalan.

"Jalan cor sebenarnya dikerjakan dari utara tapi ada masalah pelebaran di sini sehingga mandeg di desa sebelah selatan. Pelebaran jalan, kanan kiri seluas satu meter, untuk yang tanahnya masih luas tak ada masalah. Tapi untuk rumah yang mepet jalan, tentu jadi masalah," paparnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO