Pecandu Terus Meningkat, Pemkot Batu Janji Serius Tangani Narkoba

Pecandu Terus Meningkat, Pemkot Batu Janji Serius Tangani Narkoba Walikota Batu Edy Rumpoko memberi salam kepada siswa kelas VII di lapangan Desa Sumberejo Kecamatan Bumiaji. foto: Putut Priyono/ BANGSAONLINE

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kota Batu serius menangani pemberantasan narkoba di kalangan generasi muda. Secara jumlah, pecandu narkoba di Kota Batu dari tahun ke tahun jumlahnya terus meningkat.

"Kita semua harus memiliki tanggung jawab untuk putra putri kita di masa depan dengan menjauhkan dari narkoba," kata Walikota Batu, Edy Rumpoko, Jumat (26/2), di lapangan Desa Sumberejo Kecamatan Bumiaji Kota Batu.

Kota Batu yang terdiri 3 kecamatan dengan jumlah penduduk sekitar 200 ribu jiwa dari catatan yang diperoleh dari Badan Narkotika Nasional Kota Batu ternyata 2015 yang lalu mencapai 200 jiwa yang mengalami kecanduan narkoba, bahkan 2010 silam menduduki peringkat 10 di Jawa Timur.

Walikota Batu Edy Rumpoko menegaskan, kondisi gencarnya serangan narkoba diwajibkan seluruh pihak untuk memiliki tanggung jawab terutama kepada generasi muda. Menurut Edy, salah satu cara untuk menjauhkan diri dari narkoba di antaranya dengan mencintai lingkungan. Karena, tambah dia, gencarnya narkoba yang sudah masuk di daerah akan merusak moral generasi muda dan bisa meruntuhkan martabat bangsa.

Intruksi dari Presiden RI Joko Widodo, diungkapkan oleh Edy, bahwa negera serius memerangi narkoba termasuk Pemerintah Kota Batu sangat serius menangani narkoba tanpa tebang pilih. Bahkan Edy menegaskan, diwajibkan kepada seluruh masyarakat apabila mengetahui diharuskan segera melapor ke pihak kepolisian, koramil, RT atau RW dan pelapor akan dilindungi.

Yang akan datang, lebih lanjut ditandaskan dia, bagi warga yang akan mengurus surat-surat kependudukan diwajibkan untuk melakukan tes urine. "Dengan sisa waktu satu tahun masa tugas Saya memimpin kota ini, Saya sangat prihatin apabila ada warga terutama anak muda yang ada di Kota Batu tersandung masalah narkoba," pungkas Edy. (mlg1/thu/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO