Ratusan Rumah di Temayang Bojonegoro Terendam Banjir

Ratusan Rumah di Temayang Bojonegoro Terendam Banjir Petugas gabungan saat membuat tanggul sementara. foto: eki nurhadi/ BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah Bojonegoro selama empat jam pada Rabu malam (30/12) membuat beberapa anak Sungai Bengawan Solo meluap hingga merendam rumah warga. Salah satunya kali Soko Sugihan di Kecamatan Temayang.

Sebelumnya, pada Selasa (29/12) malam juga telah terjadi banjir bandang di Kecamatan Gondang, kali ini Kecamatan Temayang yang diterjang banjir bandang.

Kepala pelaksana BPBD Bojonegoro, Andik Sudjarwo mengatakan, banjir bandang yang menerjang Temayang itu terjadi pada Rabu (30/12) malam. Hujan yang turun mulai pukul 19.00 hingga 22.00 Wib membuat kali Soko Sugihan meluap dan menggenangi ratusan rumah warga di Dusun Sugihan, Desa Kedungsumber, Temayang.

"Air menggenangi pemukiman penduduk setinggi dua meter lebih. Banjir terjadi mulai pukul 21.30 hingga 03.00 Wib dini hari tadi," ujar Andik Kamis pagi (31/12/15).

Banjir itu menenggelamkan 310 rumah warga. Yang terparah, ada empat rumah warga sampai roboh akibat terjangan air bercampur lumpur. Empat rumah yang roboh milik Tarip (65) dua rumah, Azis (43) satu rumah dan Gito (28) juga satu rumah.

"Serta beberapa hewan ternak dilaporkan hilang oleh para pemiliknya. Diduga ternak (sapi dan kambing,red) itu terbawa arus," tambahnya.

Menurut Andik, pagi ini BPBD beserta TRC BPBD dan TNI, Polri, serta Muspika Kecamatan akan membuka dapur umum yang bekerja sama dengan PMI, Disnakertransos dan dibantu pemasak dari TNI dan ibu PKK. Dapur umum itu untuk membantu memberi makan bagi para korban banjir.

"Kita lakukan kerja bakti juga untuk membersihkan lumpur setinggi 30 centi meter baik di dalam rumah warga maupun di jalan dan fasilitas umum. Kita datangkan alat berat," pungkasnya. (nur/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO