Kamis, 21 Juni 2018 18:54

Dampak Guyuran Hujan Abu Gunung Bromo, Warga Arjosari Lumajang Gagal Panen

Minggu, 27 Desember 2015 22:42 WIB
Dampak Guyuran Hujan Abu Gunung Bromo, Warga Arjosari Lumajang Gagal Panen
Erupsi Gunung Bromo. foto: detik

LUMAJANG, BANGSAONLINE.com - Ratusan hektar tanaman milik suku Tengger di Desa Argosari Kecamatan Senduro terancam gagal panen akibat erupsi Gunung Bromo. Sebab, hujan vulkanik mengakibatkan komoditi tanaman kentang, gubis rusak dan membusuk.

Kepala Desa Argosari, Ismail kepada wartawan mengatakan, ratusan hektar tamanan masyarakat gagal panen kerena membusuk akibat abu vulkanik kiriman dari Gunung Bromo. "Sekitar seratus hektar, tamanan milik warga rusak," katanya.

Hampir seluruh warga Desa Argosari berprofesi sebagai petani. Akibat hujan abu kiriman dari Gunung Bromo, perekonomian warga setempat lumpuh.

Menurut Ismail, lahan pertanian milik suku tengger di Desa Argosari ini telah satu minggu diguyur hujan abu vulkanik Gunung Bromo, termasuk permukiman warga. "Sekitar satu mingguan dan bisa dilihat sendiri bagaimana kondisi tanaman kentang milik warga," katanya.

Sunarmi (45) salah satu petani yang tanaman kentangnya banyak yang layu akibat dihujani abu vulkanik Bromo pesimis kentangnya bisa di panen karena tebalnya abu yang menempel di dedaunan.

"Sudah satu minggu lebih hujan abu, tamanan membusuk dan gagal panen," ujar Sunarmi ketika ditemui di lahan pertanian kentang miliknya.

Data Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) menyatakan abu vulkanik Gunung Bromo hingga kini terus mengarah ke timur, dengan tremor kegempaan masih fluktuatif.

Abu vulkanik dari erupsi Gunung Bromo mengguyur yang berwarna kecoklatan ini juga mempengaruhi jarak pandang saat berkendara. Selain itu, abu vulkanik Gunung Bromo juga mengganggu pernafasan warga.

Sebagai langkah antisipasi, BPBD sudah membagikan masker untuk membantu warga saat beraktivitas ditengah hujan abu. "Masker sudah kita bagikan, namun jika memang masih kurang kami siap memberikan masker tambahan ke wilayah terdampak," pungkas Kabid Kesiapsiagaan BPBD Lumajang Hendro. (ron/rev)

Rabu, 20 Juni 2018 03:21 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*UNGKAP syukur terekspresikan penuh hikmat kebijaksanaan dalam merayakan Hari Kemenangan, Idul Fitri, 1 Syawal 1439 H. Alhamdulillah saya diberi kemampuan oleh-Nya untuk melintas, menjelajah, menempuh kembali jalan-jalan kampung d...
Minggu, 20 Mei 2018 12:10 WIB
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Wa-aataynaa muusaa alkitaaba waja’alnaahu hudan libanii israa-iila allaa tattakhidzuu min duunii wakiilaan (2).Dzurriyyata man hamalnaa ma’a nuuhin innahu kaana ‘abdan syakuuraan (3).Minggu-...
Kamis, 21 Juni 2018 01:57 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Rabu, 20 Juni 2018 22:03 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Obyek wisata Pantai Jumiang yang terletak di Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Madura, mulai diserbu pengunjung pada liburan Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Rabu (20/6).Bahkan ratusan pengunjung terliha...