Berikut Ramalan Cuaca Daerah Jawa Timur untuk Jum'at, 11 Desember 2015

Berikut Ramalan Cuaca Daerah Jawa Timur untuk Jum

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan cuaca untuk Jumat besok (11/12) terjadi hujan ringan hingga lebat di beberapa daerah. Saat ini wilayah Jatim masih dalam musim hujan dan sebagian masa transisi.

Prakirawan BMKG kalas I Juanda, Marlin Tresnawati pada siaran persnya mengatakan, angin umumnya dari arah timur laut-barat daya dengan kecepatan 05-45 km/jam dan suhu udara berkisar 20-35 derajat Celcius. 

Dikatakannya, dari data citra satelit, di wilayah daerah Madura dan Bawean (Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep dan Bawean) cuaca umumnya berawan hingga berawan berpeluang hujan ringan-sedang.

Sementara di wilayah daerah utara dan utara tengah (Tuban, Lamongan, Gresik, Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Probolinggo dan Situbondo) cuaca umumnya berawan hingga berpeluang hujan ringan-lebat.

Sedangkan di wilayah daerah tengah (Magetan, Madiun, Ponorogo, Ngawi, Bojonegoro, Nganjuk, Kediri, Jombang, Mojokerto dan Bondowoso) cuaca umumnya berawan hingga berpeluang hujan ringan-sangat lebat.

Kondisi yang sama juga terjadi di wilayah daerah selatan dan selatan tengah (Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang, Lumajang, Jember dan Banyuwangi) yakni cuaca umumnya berawan hingga berpeluang hujan ringan-lebat.

Prakirawan BMKG Maritim Perak, Ari Widjajanto. SP mengatakan, cuaca di perairan Jatim pada umumnya berawan, angin dari tenggara-selatan dengan kecepatan 24 knots dan tinggi gelombang maksimum pada kisaran 0,5-2,0 meter.

Dikatakannya, tinggi gelombang di Laut Jawa bagian timur 0,3-0,5 meter, Perairan Kepulauan Masalembu 0,3-0,5 meter, Perairan P.Bawean 0,3-0,5 meter, Perairan utara 0,3-0,5 meter, Perairan Gresik 0,3-0,5 meter, Selat Madura 0,3-0,5 meter, Perairan Kepulauan Kangean 0,3-0,8 meter, Perairan selatan 0,8-2,0 meter, dan di Samudera Hindia selatan 0,8-2,0 meter. (*/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Murah Meriah, Wisata Lembah Djati Tawarkan Kebun Bunga dan Spot Foto Instagramable':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO