Kelurahan Kidul Dalem Menangi Website Terbaik dalam Lomba AIKID Kota Malang

Kelurahan Kidul Dalem Menangi Website Terbaik dalam Lomba AIKID Kota Malang Walikota Malang HM Anton merangkul Lurah Kidul Dalem, pemenang lomba AIKID tahun 2015 kategori website terbaik. foto: iwan irawan/BANGSAONLINE

KOTA MALANG, BANGSAONLINE.com - Kelurahan Kidul Dalem berhasil keluar sebagai juara pertama lomba AIKID (Anugerah Inovasi, Kreatifitas, Informasi dan Digital) kota Malang tahun 2015. Sedangkan untuk tingkap SKPD diraih Dinas Budaya dan Pariwisata. Walikota Malang, HM Anton menyerahkan langsung hadiah itu pada para pemenang akhir pekan lalu.

Pemenang lainnya, kategori terfavorit diraih Disperindag, untuk terinovatif diraih Kecamatan Lowokwaru dan terinteraktif dimenangkan Dispenduk-Capil. Sedangkan untuk lingkungan kelurahan Kategori Kelurahan terfavorit diisi oleh Sumbersari, lantas terinovatif diperoleh Blimbing terinteraktif adalah Sawojajar.

“IT merupakan salah satu alat bantu dalam memberikan pelayanan informasi kepada masyarakat secara terkini, yaitu melalui update data dan informasi lewat website. Hal ini tentunya sangat banyak manfaatnya. Pemkot Malang pun, terus melakukan terobosan salah satu contoh kerjasama dengan Malaysia, khususnya bidang IT," beber Walikota Malang.

Pemanfaatan IT, lanjut Anton, secara tidak langsung turut menguras pikiran maupun tenaga. Namun jika kita tidak mampu update perkembangan IT, akan tergerus dan jauh ketinggalan dari peradaban dunia IT. Kota Malang diharapkan bisa menjadi percontohan bagi kota lainnya.

Sementara Dra. Ani Rahmawiyati, M.Si Kepala Bidang Informasi Publik Dinas Kominfo Kota Malang menegaskan, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ikut lomba di antaranya 57 kelurahan, 5 kecamatan hingga 10 badan dan puluhan dinas. Sejak Agustus lalu hingga akhir Oktober mereka berlomba untuk yang terbaik memenangkan anugrah AIKID tahun 2015 yang diselenggarakan Dinas Kominfo Kota Malang.

“Kita ingin memacu SKPD untuk memanfaatkan IT dalam meningkatkan pelayanan dan informasi. Sedangkan AIKID merupakan bentuk apresiasi Pemkot kepada segenap SKPD di Kota Malang dalam mendukung pelaksanaan ataupun percepatan e-government menuju kota yang cerdas, ceria dan cemerlang, melalui kecanggihan TIK,” ujar Ani Rahmawiyati.

Ani menegaskan, usai mengikuti lomba AIKID SKPD diimbau untuk terus mengembangkan situs webnya melalui update data dan informasi. Disamping itu, peserta AIKID, hendaknya memiliki isi situs web, fitur web, penyediaan layanan publik, tertatanya kinerja yang terorginir dengan baik serta adanya inovasi. (mlg1/thu/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO