Jadi Tersangka KPK, Rio Capella Mundur dari Sekjen DPP Nasdem dan DPR RI

Jadi Tersangka KPK, Rio Capella Mundur dari Sekjen DPP Nasdem dan DPR RI Patrice Rio Capella

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Sekretaris Jenderal Dewan Pengurus Pusat (Sekjen DPP) Partai Nasional Demokrat () Patrice Rio Capella sebagai tersangka gratifikasi, Kamis sore (15/11/2015). Rio Capella yang kini juga anggota DPR RI itu langsung menggelar konprensi pers. Ia menyatakan mundur baik dari posisinya sebagai Sekjen DPP maupun sebagai anggota DPR RI.

"Saya menyatakan mundur dari jabatan Sekjen, mundur dari anggota partai dan dari anggota DPR RI karena saya menghadapi persoalan di KPK," ujarnya dalam konferensi pers di Kantor DPP Partai , Jakarta Pusat, Kamis (15/10/2015).

Pimpinan sementara KPK Johan Budi mengatakan, KPK menjerat Patrice terkait kasus dugaan gratifikasi dalam proses penanganan perkara bantuan daerah, tunggakan dana bagi hasil, dan penyertaan modal sejumlah badan usaha milik daerah di Provinsi Sumatera Utara.

Patrice menyatakan, keputusannya tersebut telah dibicarakan dengan Ketua Umum Surya Paloh. Adapun mengenai proses hukum selanjutnya, Patrice menyerahkan kepada kuasa hukum untuk menindaklanjutinya.

Wakil Ketua Fraksi Partai Johnny G Platte sebelumnya mengatakan, semua politisi harus mundur sebagai anggota DPR jika terjerat kasus korupsi. "Ketua Umum akan mengambil keputusan terkait permohonan pengunduran dirinya sebagai sekjen dan segera mengangkat pengganti sementara sekjen," ucap Johnny.

Sumber: kompas.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO