Raih WTP, Pemkab Probolinggo Terima Penghargaan Presiden

Raih WTP, Pemkab Probolinggo Terima Penghargaan Presiden Kepala DPPKA Probolinggo Tanto Walono menerima penghargaan dari Menteri Keuangan. foto: hms

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo memperoleh penghargaan dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo karena telah mendapatkan predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan tahun 2014, bersama dengan 225 pemerintah daerah lainnya.

Penyampaian penghargaan ini diberikan oleh Menteri Keuangan RI Bambang P.S. Brodjonegoro kepada Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKD) Kabupaten Probolinggo Tanto Walono mewakili Bupati Probolinggo, Hj. Tantriana Sari SE di Gedung Dhanapala Kementerian Keuangan RI, Jakarta, Jumat (2/10) lalu.

Atas penghargaan tersebut, Kepala DPKD Kabupaten Probolinggo Tanto Walono mengungkapkan, tantangan untuk tahun 2015 adalah laporan keuangan harus sudah berbasis akrual. Sehingga memerlukan data yang detail sehingga menjadi alat pertanggungjawaban yang lebih baik sesuai prinsip-prinsip tata kelola Pemerintahan yang baik. Hal ini merupakan modal yang sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan kepada Pemerintah dan masyarakat terutama dalam era perekonomian yang semakin global.

“Untuk menghadapi implementasi standar akuntansi pemerintahan berbasis akrual, kita telah menyusunan regulasinya, untuk SDM-nya kita telah menyiapkan dan memberikan pelatihan-pelatihan di bidang akuntansi agar SKPD bisa membuat laporan keuangan berbasis akrual,” ungkapnya.

Dengan adanya komitmen dan sinergi yang baik dalam pengelolaan keuangan seperti yang diinstruksikan oleh Bupati Probolinggo Hj. P. Tantriana Sari, SE, Tanto mengharapkan semoga di tahun 2015 Kabupaten Probolinggo bisa mempertahankan predikat opini WTP.

Sementara, Menanggapi perolehan penghargaan atas dampak WTP tersebut, Bupati, Hj. Tantriana Sari SE mengatakan pihaknya sangat berterima kasih sekali atas semua dukungan dari semua elemen masyarakat atas prestasi dan penghargaan yang telah dicapai.

"Pencapaian penghargaan dan prestasi ini bukan semata-mata untuk diri pribadi saya. Tetapi, muaranya untuk semua masyarakat Kabupaten Probolinggo. Begitu pula, prestasi dan penghargaan ini tidak akan tercapai tanpa dukungan dari semua elemen masyarakat," tegas Bupati.

Lebih jauh ditegaskannya, pihaknya sangat berharap apa yang sudah dicapai agar dapat kiranya dipertahankan dan ditingkatkan. "Pertahankan dan tingkatkan apa yang sudah kita dapatkan. Semoga dapat membawa manfaat dan kebaikan bagi masyarakat Kabupateb Probolinggo," tukas Bupati Tantri yang baru datang dari Ibadah Haji tersebut. (ndi/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO