DBH Migas Turun, Bojonegoro Pangkas Anggaran Rp 241,3 M

DBH Migas Turun, Bojonegoro Pangkas Anggaran Rp 241,3 M Lokasi proyek migas Banyu Urip Blok Cepu di Bojonegoro. foto: eki nurhadi/BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Perolehan dana bagi hasil (DBH) migas Kabupaten , yang ditetapkan sebesar Rp812,7 miliar pada tahun 2015 ini turun menjadi Rp477 miliar. Itu disebabkan mundurnya puncak produksi migas di Lapangan Banyu Urip Blok Cepu.

Dengan penurunan DBH Migas, Pemkab mengurangi alokasi anggaran yang sudah tertuang di dalam APBD Perubahan 2015 sebesar Rp241,3 miliar.

"Hasil rapat paripurna banyak anggaran yang harus disesuaikan dengan program," ujar Bupati , Suyoto, Rabu (30/9).

Dia mengatakan, untuk produksi minyak mentah tahun ini hanya terealisasi 33.792.120 barel. "Padahal, produksi minyak siap jual semula ditetapkan sebesar 45.407.770 barel," ujarnya.

Penyebab terjadinya penurunan produksi minyak bumi adalah mundurnya puncak produksi Blok Cepu sebesar 165 ribu barel per hari yang tidak bisa terealisasi pada September ini. "Ada kemunduran puncak produksi migas Blok Cepu hingga November mendatang," tambahnya.

Saat ini produksi migas di Lapangan Banyu Urip Blok Cepu yang dioperatori ExxonMobil Cepu Limited (EMCL) sekitar 80 ribu barel per hari. Selain itu, terjadinya penurunan produksi di lapangan sumur minyak Sukowati yang dioperatori oleh Joint Operating Body Pertamina Petrochina East Java (JOB P-PEJ) yang hanya 19.000 barel per hari. "Apalagi harga minyak mentah hanya US$40 sampai US$ 50 perbarel," tandasnya.

Sumber: Harian Bangsa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO