Berkurang, Jumlah Jemaah Haji yang Dilaporkan Hilang

Berkurang, Jumlah Jemaah Haji yang Dilaporkan Hilang

MAKKAH, BANGSAONLINE.com - Kelompok Terbang (Kloter) JKS 61 banyak jemaahnya banyak dilaporkan hilang setelah kejadian Mina 204. Dalam catatan resmi Kemenag ada 192 jemaah dari kloter JKS 61 yang belum pulang.

Namun detik.com merilis, kalau jumlah itu sudah berkurang secara perlahan. Banyak jemaah yang satu demi satu pulang ke tenda maktab atau penginapannya di Makkah.

"Hilang 55 orang. Berkurang (jumlah hilang-red). Tadi malam ada yang satu persatu datang ke hotel atau maktab. Di hotel ada sekitar 15-an," tutur ketua kloter, Aceng Iskandar saat ditemui di Maktab 7 tempat kloternya bernaung.

Memang ada informasi dari kepala rombongan dan kepala regu kalau ada beberapa orang dari kloter JKS 61 yang menjadi korban tragedi Mina 204. Namun hal ini masih belum divalidasi oleh pihak Kemenag. "Info itu baru dari Karu (kepala regu), dan Karom (kepala rombongan)," tuturnya.

Selain dari JKS 61, jemaah yang dilaporkan banyak yang hilang adalah kloter BTH 14 sebanyak 14 orang dan kloter SUB 48 sebanyak 19 orang. Sama seperdi di JKS 61, jemaah dari BTH 14 dan SUB 48 kemungkinan

Sebelumnya diberitakan, ada 225 jemaah yang belum kembali ke maktab setelah tragedi tersebut. Belum bisa dipastikan mereka yang hilang itu termasuk korban peristiwa Mina atau bukan. Ada beberapa alasan jemaah belum kembali ke pemondokan. Misalnya, sedang beribadah ke Masjidil Haram, tersesat, berkunjung ke kerabatnya di maktab lain dan sebagainya.

"Jemaah yang dilaporkan belum kembali ke tenda di Mina mulai saat kejadian sampai dengan tanggal 25 September 2015 pukul 07.00 WAS, sebanyak 225 orang," tutur Kepala Daerah Kerja Arsyad Hidayat dalam jumpa pers di kantornya, Jumat (25/9/2015).

Sumber: detik.com

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO