Aktivasi Identitas Kependudukan Digital Tertinggi, Pemprov Jatim Raih Dukcapil Prima Award 2024

Aktivasi Identitas Kependudukan Digital Tertinggi, Pemprov Jatim Raih Dukcapil Prima Award 2024

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemprov Jatim melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Kependudukan (DP3AK) sukses meraih Penghargaan Dukcapil Prima Award 2024 dari .

Anugerah tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, kepada Kepala DP3AK Jatim, Tri Wahyu Liswati, yang mewakili Pj Gubernur Jatim, Adhy Karyono, dalam Rakornas Dukcapil 2024 di Batam, Selasa (27/2/2024).

Penghargaan secara khusus diberikan karena Jawa Timur menjadi provinsi dengan jumlah aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) tertinggi di wilayah Indonesia Bagian Barat pada 2024. Berdasarkan data dari PDAK Ditjen Dukcapil per 15 Februari 2024, jumlah aktivasi IKD Jatim mencapai 1.407.172 mengungguli DKI Jakarta yang meraih capaian 1.401.289 aktivasi.

Atas prestasi tersebut, Adhy berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran aktivasi IKD di Provinsi Jawa Timur. Terutama untuk para petugas pencatatan kependudukan baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

“Ini semua buah kerja keras kita semua. Terutama para petugas di lapangan baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. Mereka tidak kenal lelah mensosialisasikan dan mendorong masyarakat untuk segera mengaktivasi IKD,” ujarnya di Gedung Negara Grahadi , Rabu (28/2/2024).

Selama ini, kata Adhy, DP3AK Jatim menggencarkan aktivasi IKD dengan beragam cara. Mulai dari menggandeng instansi vertikal, universitas, hingga komunitas masyarakat untuk menggencarkan aktivasi IKD. Selain itu, DP3AK juga jemput bola aktivasi IKD khususnya pada para pegawai di lingkungan Pemprov Jatim.

“Hal yang sama juga dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di kabupaten/kota. Mereka juga tak segan-segan jemput bola turun ke lapangan untuk memberikan pelayanan aktivasi IKD pada masyarakat. Jadi saya ucapkan terima kasih untuk para petugas di lapangan,” paparnya.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO