Kini Pilihan Warga NU Hanya Cak Imin dan Mahfud MD, Kenapa? Ini Alasannya

Kini Pilihan Warga NU Hanya Cak Imin dan Mahfud MD, Kenapa? Ini Alasannya Mahfud MD dan Muhaimin Iskandar. Foto: BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Setelah dipastikan menjadi calon wakil presiden (cawapres) dari Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto, otomatis pilihan ideal warga hanya dua pasang capres-cawapres. Yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Tinggal pilih salah satunya.

Kenapa? karena hanya Cak Imin (panggilan Muhaimin Iskandar) dan Mahfud MD yang secara faktual kader . Gibran jelas bukan kader , apalagi Prabowo Subianto. Bahkan Prabowo dan Gibran nyaris tak pernah bersentuhan dengan kecuali saat pilpres dan pilkada.

Secara historis warga sudah kenyang pengalaman pahit. Berulang kali warga mendukung capres atau cawapres non-. Ternyata setelah mereka terpilih, warga ibarat mendorong mobil mogok. Warga ditinggal begitu saja begitu mesin mobil itu hidup. Bahkan ada presiden yang selama menjabat tak pernah menginjakkan kaki di pesantren.

Karena itu memilih kader sendiri, kader , dipastikan lebih maslahah. 

Apa itu kader? Menurut Berliana Kartakusumah (2006), kader adalah sekelompok orang yang terorganisasi secara terus-menerus dan menjadi tulang punggung bagi kesatuan kelompok yang lebih besar. Jadi seseorang disebut kader jika memiliki komitmen dan memenuhi standar yang ditetapkan organisasi (dalam hal ini ).

Jadi kader tak cukup hanya memakai atribut seperti kopiah , jaket Banser atau Ansor dan Muslimat . Seorang kader harus punya komitmen ke--an yang kuat dan pernah memikirkan untuk memajukan .

Dalam konteks ini kader tak harus tercatat sebagai pengurus atau Banom, tapi – yang lebih penting – kepedulian dan kiprahnya untuk memikirkan dan membantu .

Kita kutip dawuh Hadratussyaikh KH M Hasyim Asy’ari, pendiri utama , yang sangat populer: Barangsiapa yang mengurusi , akan aku anggap sebagai santriku. Barangsiapa yang kuanggap sebagai santriku, akan kudoakan semoga beserta anak-cucunya mati dalam keadaan husnul khotimah.

Lihat juga video 'Sejumlah Pemuda di Pasuruan Dukung Muhaimin Maju Calon Presiden 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO