Alternatif Pengganti Micin, Masakan Tetap Enak

Alternatif Pengganti Micin, Masakan Tetap Enak Alternatif Pengganti Micin, Masakan Tetap Enak. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - MSG atau disebut micin sering digunakan ketika memasak untuk menghasilkan rasa umami. Micin biasanya ditambahkan ke dalam masakan berkuah dan tumisan. Meskipun jumlahnya tak banyak, micin membuat makanan terasa lebih gurih.

Menurut Wiyono yang berprofesi sebagai koki di Nasi Liman, micin tidak menjadi bumbu wajib dipakai dalam masakan.

"Sebetulnya dari dulu, nenek saya juga bilang, mereka enggak mengerti MSG. Kenap kita tidak menghilangkan itu (micin), tetapi rasanya tetap enak," ujar Wiyono.

Wiyono menyarankan ialah kecap asin dan bawang putih. Tidak ada perbedaan jumlah bumbu untuk mengganti micin dengan dua bumbu ini.

Bawang putih perlu dihaluskan terlebih dahulu agar ingin mendapatkan rasa gurih dan aroma yang sedap. Sementara itu, kecap asin cocok dijadikan bumbu utama dalam pembuatan chinese food.

Dikutip dari Live Strong, bawang putih bukan merupakan satu-satunya bumbu yang dapat menggatikan micin. Terdapat juga kunyit, merica, jintan dan rosemary yang bisa menambah rasa gurih sekaligus menjadi pengganti micin.

Namun, perlu diingat bahwa penggunaan bumbu ini bisa jadi tidak cocok untuk semua makanan karena akan menambah sensasi hangat.

Beberapa jenis garam, seperti kohser, bamboo salt korea, dan garam hitam India juga bisa menjadi alternatif micin.

(ans) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mahasiswa Indonesia Bekerja Part Time Sebagai Petani di Jepang, Viral Karena Gajinya, ini Kisahnya':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO