Gubernur Khofifah Kunjungi Desa Pendulum Devisa Kampung Coklat Blitar

Gubernur Khofifah Kunjungi Desa Pendulum Devisa Kampung Coklat Blitar Gubernur Khofifah saat mengunjungi salah satu Desa Pendulum Devisa yaitu Kampung Coklat di Kademangan, Kabupaten Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Gubernur mengunjungi salah satu Desa Pendulum Devisa yaitu Kampung Coklat di Kademangan, Kabupaten , Minggu (25/6/2023). Ketika di lokasi, ia pun langsung melihat budidaya coklat yang dikembangkan serta produk olahan yang dihasilkan. 

Bahkan, gubernur juga mengecek langsung hasil biji-biji coklat yang dihasilkan serta menyempatkan berbincang langsung dengan petaninya. Usai peninjauan, ia mengaku optimis keberadaan Kampung Coklat sebagai Desa Pendulum Devisa ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, sekaligus daya saing komoditasnya. 

Sebab, lanjut , mereka akan didampingi serta diberi pelatihan sehingga komoditi yang dihasilkan dapat memenuhi kualitas serta kuantitas yang sesuai standar dan kebutuhan ekspor.

"Alhamdulillah Kampung Coklat sekarang sudah menjadi Desa Pendulum Devisa setelah diresmikan akhir Mei kemarin. Kita harap bersama ini akan bisa meningkatkan kesejahteraan dan ekonomi masyarakat," ungkapnya.

menjelaskan, Pemprov Jatim mensupport Kampung Coklat sedemikian rupa agar ekspornya semakin meningkat. Melalui Disperindag Jatim, Kampung Coklat mendapatkan materi prosedur ekspor dan bahkan bantuan proses penerbitan phytosanitary dari Balai Karantina Pertanian.

Sementara, juga memberikan fasilitas pembiayaan modal kerja sebesar Rp 3 miliar dan pembuatan Qris untuk metode pembayaran lebih dari 30 tenant di Kampung Coklat.

menambahkan, selain kontribusinya terhadap perekonomian daerah, Kampung Coklat juga menjadi tujuan wisata yang dapat menambah wawasan. Pasalnya, para pengunjung dapat melihat langsung budidaya kokoa dan beragam produk olahan cokelat.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO