Hadiri Silaturahim Akbar PBNU, Bupati Jember Ungkapkan Program Mandiri Pangan dan Energi

Hadiri Silaturahim Akbar PBNU, Bupati Jember Ungkapkan Program Mandiri Pangan dan Energi Bupati Jember, Hendy Siswanto, saat menghadiri Silaturahim Akbar PBNU.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Bupati , Hendy Siswanto, mengungkapkan program mandiri pangan dan energi yang menyasar lingkungan pesantren saat menghadiri Silaturahim Akbar , Selasa (10/1/2023). 

“Cita-cita besar ini akan kami laksanakan dengan semaksimal mungkin, karena dua program ini sangat mengena di level grass root kita, khususnya warga NU, umumnya pada warga ,” ujarnya.

Menurut dia, mandiri pangan dan energi merupakan kebutuhan pokok masyarakat. Dengan rencana implementasi teknologi dari hasil kerja sama dengan UMM, Hendy mengenalkan PLTS dan PLTMH kepada masyarakat pertama kalinya untuk warga NU saat itu.

“Dua-duanya itu (matahari dan air) gratis dari Gusti Alloh, dan akan kita manfaatkan di ini,” tuturnya.

Pihaknya meminta agar segenap komponen NU di dapat bersama-sama mendukung program ini, utamanya pada bagian NU yang bergerak di pendidikan seperti pesantren atau sekolah.

“Kami akan memberikan satu pelajaran ekstra kurikuler dari (tingkat) SD, SMP, SMA untuk belajar membuat solar cell (surya). Jadi anak- anak kita akan bisa membuat listrik sendiri. Kalau itu terjadi insya alloh kemandirian kita akan timbul,” paparnya.

Ia yakin, hal tersebut merupakan pelajaran yang sangat mudah dan memakan biaya murah bagi masyarakat. Pemkab telah berencana menerapkannya di setiap sekolah serta pondok pesantren, sehingga akan banyak pesantren yang mandiri pangan dan energi.

“Target kami di tahun 2024 program itu sudah running dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat . Untuk itu kami mohon dukungan,” pungkasnya. (yud/bil/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO