Anggota DPRD Jatim ini Minta Kader Golkar Bersama RT/RW Bantu Pemkab Sidoarjo Perangi Gangster

Anggota DPRD Jatim ini Minta Kader Golkar Bersama RT/RW Bantu Pemkab Sidoarjo Perangi Gangster Anggota DPRD Jatim, Adam Rusydi (tengah), saat memberi keterangan kepada awak media.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Anggota DPRD Jatim, Adam Rusydi, mengatakan bahwa maraknya aksi gangster yang terjadi di Surabaya dan belakangan ini harus disikapi secara serius oleh semua pihak, baik para pemangku kebijakan maupun masyarakat di tingkat RT/RW.

"Dalam permasalahan ini, semua pihak mulai pemerintah daerah hingga tingkat pengurus rukun tetangga dan rukun warga harus menyikapi serus maraknya aksi gangster ini," ujarnya, Selasa (6/12/2022).

Ketua DPD ini mengharapkan peran penting RT dan RW sebagai garda terdepan di masyarakat tingkat bawah untuk memaksimalkan upaya pembinaan sejak dini dalam wilayah mereka, yakni perkampungan.

"Peran RT/RW harus lebih mendekat ke anak muda, dengan tidak memandang dari mana anak muda itu berasal dan tingkat pendidikannya. Dengan pendataan, dan tentunya membangun chemistry dengan para orang tua yang memiliki anak remaja agar lebih menjaga dan mengawasi putra-putrinya agar tak terpengaruh dengan aksi yang meresahkan masyarakat," tuturnya.

Politikus muda dari partai berlambang beringin itu menilai, jika kasus maraknya aksi gangster ini tak hanya menjadi perhatian pihak Kepolisian saja, atau pihak pemerintah daerah, peran RT/RW sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi adanya gerakan gangster yang masuk ke wilayah perkampungan, seperti yang terjadi hingga adanya warga yang menjadi korban.

"Pihak kepolisian terus melakukan operasi dan razia dalam menanggulangi aksi gangster ini. Tapi peran penting adalah di RT/RW guna membantu peran kepolisian mencegah adanya aksi gangster yang berkeliaran di perkampungan atau diperumahan warga," paparnya.

Lebih jauh Adam mengharapkan kepada RT/RW untuk meningkatkan kembali Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling), dengan melibatkan unsur Babinsa, Babinkamtibmas dari TNI/Polri.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Kecelakaan Karambol di Medaeng Sidoarjo, Truk Tabrak Tiga Mobil Hingga Terguling':