Meriahnya Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kota Mojokerto

Meriahnya Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di Kota Mojokerto Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, saat mengikuti karnaval dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Peringatan Hari Kesaktian di Kota tahun ini berlangsung meriah, Sabtu (1/10/2022). Pemerintah daerah setempat sukses menggelar Kirab yang diikuti 61 kelompok dan terdiri dari para pelajar tingkat SD, SMP, bersama forum kerukunan umat beragama (FKUB), serta Kwarcab Gerakan Pramuka Kota .

Rintik hujan tak menyurutkan animo peserta Kirab maupun masyarakat untuk menyaksikan karnaval di sepanjang Jalan Pahlawan-Jalan Bhayangkara-Jalan PB Sudirman-Jalan Letkol Sumardjo dan berakhir di Rumah Rakyat, Jalan Hayam Wuruk nomor 50, Kota .

Wali Kota , Ika Puspitasari, menyebut kegiatan ini merupakan upaya pihaknya untuk menjaga keharmonisan di antara keragaman yang ada, dan untuk menunjukkan senantiasa ada dalam hati warga Kota Onde-Onde.

“Di Kota semuanya hidup sangat harmonis, dan penuh dengan kekeluargaan serta kebersamaan. Ini menunjukkan bahwa NKRI harga mati dan selalu di hati kita, warga Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya saat membuka Kirab di depan Taman Makam Pahlawan Gajah Mada.

Berbagai seni dan budaya ditampilkan dengan sangat apik oleh para peserta, mulai dari tarian, pertunjukkan musik, seni barongsai dan jathilan, pakaian adat dari berbagai provinsi di Indonesia, bahkan gaya para pelajar di era Soekarno kecil juga ditampilkan oleh para peserta saat Kirab di Kota

Wanita yang akrab disapa itu menuturkan, semua ini merupakan upaya Pemkot untuk menyatukan berbagai seni budaya termasuk juga kearifan lokal dalam rangka memberikan ruang bagi pelaku seni, pelaku budaya.

“Semoga ini menjadi semangat yang luar biasa untuk kita bisa bangkit lebih cepat yang pulih lebih kuat di Kota ,” tuturnya.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':