66 Rumah Rusak Diamuk Puting Beliung di Jabon Sidoarjo, 5 Terluka

66 Rumah Rusak Diamuk Puting Beliung di Jabon Sidoarjo, 5 Terluka Bupati Saiful Ilah disampingi Wabup H. MG. Hadi Sutjipto, SH.MM yang meninjau ke lokasiyang diamuk puting beliung di Kacamatan Jabon. foto : agus HP/BANGSAONLINE

SIDOARJO (BANGSAONLINE.com) - Puluhan siswa SMP Satu Atap di Dusun Bangunsari Desa Tambak Kalisongo Kecamatan Jabon terpaksa belajar di balai pertemuan desa setempat, Senin (13/04). Sebab, para guru khawatir siswa tertimpa genting setelah sekolahnya rusak di terjang angin yang terjadi Minggu (12/04) sore. Sehingga, para guru tak mau ambil resiko dalam proses kegiatan belajar mengajar siswa-siswinya.

Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) SMP Satu Atap Mohammad Su’udi kepada wartawan, mengatakan terdapat 3 gedung yang rusak diterjang . Namun ruang kelas VII dan VIII yang kondisinya parah karena gentingnya jatuh kedalam ruang kelas setelah plafonnya jebol.

”Sementara ini, kami pindah siswa ke gedung balai pertemuan desa yang tepat berada di depan sekolah karena kami takut ada genteng yang jatuh atau plafon runtuh,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya berharap agar satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait segera merenovasi kedua ruang kelas tersebut agar proses belajar mengajar tidak terganggu.

“Kami berharap segera dilakukan perbaikan karena sebentar lagi Unas (ujian nasional),” pintanya.

Disisi lain, angin di Dusun Bangunsari Desa Tambak Kalisogo Kecamatan Jabon,Minggu (12/04) soremengakibatkan 5 orang terluka dan 66 rumah warga mengalami kerusakan yang cukup parah. Bahkan, 2 warga yang terluka orang dibawa ke Puskesmas Jabon dan 2 orang dilarikan ke Rumah Sakit Pusdik Gasum Porong dan 1 orang yang mengalami luka berat harus dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidoarjo.

Menurut Kepala Desa (Kades) Tambak Kalisogo, Fajar Shodiq (46) mengatakan kejadian yang mengamuk di desanya, sangat singkat. Sebelumnya mendung sangat gelap dan hujan sangat deras yang di sertai angin yang cukup kencang.

“Waktu kejadian, saya sendiri tidak ada di lokasi karena Dusun Bangunsari terpencil dari dusun yang lain. Lokasinya di sebelah utara Kali Porong mau ke lokasi juga jalannya rusak. Setelah kejadian saya dapat informasi dari warga setempat, saya langsung meluncur ke lokasi,” ujarnya.

Dalam peristiwa itu, ada 4 rumah mengalami rusak berat hingga rata dengan tanah dan 65 rumah rusak ringan, serta ada 5 korban yakni 2 warga luka parah dan 3 luka ringan.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO